Novemirata, Ecy (2014) Analisis Kompetensi Guru Bahasa Inggris SD dan Kebutuhan Guru Bahasa Inggris SMP dan SMA di Kabupaten Siak dalam Implementasi Kurikulum 2013. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ECY_NOVEMIRATA_52887_4519_2014.pdf [thumbnail of B1_1_ECY_NOVEMIRATA_52887_4519_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ECY_NOVEMIRATA_52887_4519_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari implementasi kurikulum 2013 yang mulai
diberlakukan sejak tahun pelajaran 2013-2014. Pemberlakuan kurikulum 2013,
menimbulkan beragam persoalan diantaranya adalah dihilangkannya beberapa
mata pelajaran di tiap tingkatan atau jenjang pendidikan. Sebagai contoh,
hilangnya mata pelajaran Bahasa Inggris di tingkat satuan sekolah dasar. Hal ini
berdampak pada hilangnya jam pelajaran yang selama ini telah diemban oleh guru
Bahasa Inggris yang telah mengajar lama. Bahkan, penghapusan mata pelajaran
ini menimbulkan polemik baru di sekolah, kemana dan harus seperti apa
perlakuan terhadap guru Bahasa Inggris di SD yang jumlahnya tidak sedikit.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebutuhan guru Bahasa
Inggris di tingkat SMP dan SMA, kesesuaian komptensi yang dimiliki oleh guru
Bahasa Inggris SD serta merumuskan kebijakan yang didasari atas analisis
terhadap kedua hal tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kombinasi (mixed methods)
dengan desain penelitian lapangan (field research). Informan dalam penelitian ini
adalah guru Bahasa Inggris SD yang mengajar di tujuh kecamatan di Kabupaten
Siak berjumlah 50 (lima puluh) orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui
kuesioner, Tes Kemampuan Guru Bahasa Inggris dan wawancara.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa ketersediaan guru Bahasa Inggris di
SMP dan SMA dengan lalar belakang pendidikan Bahasa Inggris melebihi jumlah
kebutuhan guru seharusnya. Dari analisis terhadap kompetensi guru Bahasa
Inggris ditemukan bahwa mayoritas guru Bahasa Inggris SD memiliki kategori
kemampuan cukup baik. Sebagaian besar dari guru Bahasa Inggris memiliki latar
belakang pendidikan sebagai guru kelas bukan pendidikan Bahasa Inggris.
Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat peluang bagi guru Bahasa
Inggris SD yang memenuhi kualfikasi untuk dapat dipindahkan mengajar Bahasa
Inggris di SMP dan SMA karena ketersediaan guru di SMP dan SMA melebihi
jumlah kebutuhan yang ada. Bagi guru Bahasa Inggris SD yang memiliki
kemamopuan sebagai guru kelas dengan latar belakang yang sama kiranya dapat
dijadikan guru kelas tentunya dengan melakukan analisis secara menyeluruh
terhadap kebutuhan guru kelas. Pemerintah hendaknya menggunakan data
penelitian ini untuk merumuskan kebijakan terhadap keberadaan guru Bahasa
Inggris SD yang jumlahnya sangat banyak sebagai solusi dari penerapan
kurikulum 2013 yang menghilangkan jam pelajaran bagi guru, tunjangan
sertifikasi dan memberikan bias kebijakan di tiap-tiap sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:57 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10807 |