Peranan Tutor Sebaya dalam Membantu Proses Pembelajaran bagi Siswa Tunarungu di SMPN 23 Padang

Selvi, Selvi (2013) Peranan Tutor Sebaya dalam Membantu Proses Pembelajaran bagi Siswa Tunarungu di SMPN 23 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SELVI_95939_6532_2013.pdf] Text
B1_2_SELVI_95939_6532_2013.pdf

Download (867kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa tunarungu mengalami
kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas khususnya pada anak
kelas VIII. peneliti melihat siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam
pembelajaran saat guru dalam menyampaikan materi pelajaran melalui metode
ceramah, dan dari permasalahan yang ada pada siswa tunarungu ini peneliti
melihat adanya peran dari tutor sebaya sehingga dalam pembelajarannya siswa
tunarungu terbantu. Penelitian ini dilakukan di SMPN 23 Padang, meneliti tentang
peranan tutor sebaya dalam membantu proses pembelajaran bagi siswa tunarungu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peranan tutor
sebaya dalam proses pembelajaran bagi siswa tunarungu. Metodologi penelitian
ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri
dari 3 orang siswa tunarungu yang di SMPN 23 Padang. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan jumlah item
sebanyak 32 yang berkenaan dengan peranan tutor sebaya dalam proses
pembelajaran bagi siswa tunarungu.
Ada pun hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan
tutor sebaya dalam pembelajaran bagi siswa tunarungu berjalan dengan baik,
dimana tugas yang diberikan guru dapat diselesaikan dan tidak ketinggalan
dengan siswa lain. Peran tutor sebaya disini menyampaikan kembali materi
pelajaran yang disampaikan guru dan juga membantu siswa tunarungu dalam
menyelesaikan tugas-tugas pada setiap pelajaran. Namun disini juga terdapat
kendala dari peran tutor sebaya adalah ketika terdapat pelajaran yang tidak
dimengerti oleh tutor sebaya, sehingga pembelajaran bagi siswa tunarungu tidak
tercapai secara maksimal. Disamping kendala yang dihadapi tutor sebaya dalam
membantu siswa tunarungu juga ada usaha yang dilakukan agar pencapaian dalam
pembelajaran bagi siswa tunarungu tercapai dengan maksimal. Usaha yang
dilakukan adalah siswa tunarungu menanyakan langsung kepada guru
bersangkutan tentang materi yang tidak dimengerti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 03:54
Last Modified: 15 May 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item
View Item