Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Matur Kabupaten Agam

Mukhiar, Edi (2011) Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EDI_MUKHIAR_10618_4996_2012.pdf] Text
B1_1_EDI_MUKHIAR_10618_4996_2012.pdf

Download (134kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan, disiplin kerja guru
SMP Negeri di kecamatan Matur, kabupaten Agam terkesan rendah. Apabila
keadaan ini terus berlanjut, dikhawatirkan tujuan pendidikan yang diharapkan
sulit tercapai. Mendisiplinkan siswa juga sulit kalau guru tidak disiplin. Kondisi
yang kurang baik ini disebabkan oleh bermacam-macam faktor, antara lain faktor
motivasi kerja guru dan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kedua faktor di
atas berkontribusi terhadap disiplin kerja guru SMP Negeri di kecamatan Matur,
kabupaten Agam. Ada tiga hipotesis yang diajukan: pertama, motivasi kerja
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru; kedua, supervisi kepala sekolah
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru; ketiga, motivasi kerja dan supervisi
kepala sekolah bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di kecamatan
Matur, kabupaten Agam yang berjumlah 73 orang dan dari populasi ini dipilih 47
orang sampel dengan teknik stratified proportional random sampling. Data
penelitian dikumpulkan melalui kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan
teknik rekresi dan korelasi.
Hasil analisis data menunjukkan: a) motivasi kerja berkontribusi sebesar
19% terhadap disiplin kerja guru; b) supervisi kepala sekolah berkontribusi
sebesar 10,7% terhadap disiplin kerja guru; c) secara bersama-sama motivasi
kerja dan supervisi kepala sekolah berkontribusi sebesar 25,7% terhadap disiplin
kerja guru. Ditemukan pula bahwa motivasi kerja berada pada kategori baik yaitu
sebesar 86% dari skor ideal, disiplin kerja guru berada pada kategori baik yaitu
sebesar 86,8% dari skor ideal, sementara supervisi kepala sekolah berada pada
kategori kurang yaitu sebesar 64% dari skor ideal.
Temuan dalam penelitian ini bermakna bahwa disiplin kerja guru SMP
Negeri di kecamatan Matur, kabupaten Agam dapat ditingkatkan melalui
peningkatan motivasi kerja dan supervisi kepala sekolah, walaupun sebenarnya
mungkin saja ada faktor-faktor lain yang berkontribusi yang tidak dikaji dalam
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 03:53
Last Modified: 15 May 2025 03:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10788

Actions (login required)

View Item
View Item