Erpin, Erpin (2011) Manfaat Modifikasi Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Siswa SD Negeri 20 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ERPIN_ 09008_1078_2012.pdf [thumbnail of B1_01_ERPIN_ 09008_1078_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ERPIN_ 09008_1078_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran penjasorkes di SD Negeri 20 Lembah Melintang
Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat masih ditemui banyak
kasus di lapangan yang kurang tepat dan tidak diharapkan oleh siswa, antara lain:
menggunakan alat dan peraturan orang dewasa. Tentu siswa akan malas dan
kurang termotivasi untuk melakukan praktek dalam pembelajaran Penjasorkes.
Hal ini disebabkan secara fisik dan psikis anak belum mendukung, dengan adanya
modifikasi alat dan peraturan memungkinkan siswa lebih termotivasi dalam
proses belajar mengajar secara baik. Sebab setiap partisipasinya mendorong untuk
bekerjasama dan siswa akan merasa senang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi
siswa terhadap manfaat modifikasi permainan kecil dalam proses belajar
mengajar, hal ini muncul karena selama ini siswa cenderung tidak termotivasi
terhadap pelajaran Penjasorkes, sehingga siswa tidak mendapatkan kesegaran
jasmani dalam mengikuti pembelajaran. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
SD Negeri 20 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten
Pasaman Barat kelas IV dan kelas V yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 11
orang putra, dan 13 orang putri. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total
sampling, yaitu dengan mengambil secara keseluruhan dari populasi, jadi sampel
berjumlah 24 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah
Angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Guttmant. Data dianalisis
dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: variabel
peranan permainan kecil terhadap pembelajaran dari 29 pertanyaan yang diajukan
tingkat capaian responden mencapai 68,10%. Dari temuan tersebut dapat diambil
kesimpulan bahwa tingkat capaian peranan manfaat modifikasi permainan kecil
dalam proses belajar mengajar pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan
kesehatan di SD Negeri 20 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang
Kabupaten Pasaman Barat dikategorikan cukup.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANFAAT MODIFIKASI PERMAINAN KECIL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 07:47 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1078 |