Kontribusi Pembinaan Pengawas Sekolah dan Komitmen pada Tugas terhadap Kinerja Kepala SMP Negeri di Kabupaten Tanah Datar

Edison, Edison (2009) Kontribusi Pembinaan Pengawas Sekolah dan Komitmen pada Tugas terhadap Kinerja Kepala SMP Negeri di Kabupaten Tanah Datar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EDISON_91276_4997_2012.pdf] Text
B1_1_EDISON_91276_4997_2012.pdf

Download (201kB)

Abstract

Kinerja kepala sekolah dianggap sebagai salah satu faktor yang
penting dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Dalam pengamatan
sementara terlihat bahwa kinerja kepala sekolah SMP Negeri di Kabupaten
Tanah Datar masih rendah. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh beberapa
faktor antara lain: supervisi manajerial pengawas sekolah dan komitmen
kepala sekolah terhadap tugas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar kontribusi
supervisi manajerial pengawas sekolah terhadap kinerja kepala sekolah dan
kontribusi komitmen kepala sekolah pada tugas terhadap kinerja kepala
sekolah serta kontribusi supervisi manajerial pengawas sekolah dan
komitmen kepala sekolah pada tugas secara bersama-sama terhadap kinerja
kepala sekolah. Tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1)
supervisi manajerial pengawas sekolah berkontribusi terhadap kinerja kepala
sekolah, (2) komitmen kepala sekolah pada tugas berkontribusi terhadap
kinerja kepala sekolah, dan (3) supervisi manajerial pengawas sekolah dan
komitmen kepala sekolah pada tugas secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja kepala sekolah.
Populasi penelitian ini berjumlah 42 orang kepala SMP Negeri
Kabupaten Tanah Datar. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan
menggunakan teknik stratified proporsional random sampling dengan jumlah
sampel responden 27 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner model
skala Likert, kemudian diolah dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (a) supervisi manajerial
pengawas sekolah berkontribusi secara signifikan sebesar 25,7% terhadap
kinerja kepala sekolah, (b) komitmen kepala sekolah pada tugas
berkontribusi secara signifikan sebesar 24,1% terhadap kinerja kepala
sekolah, (c) supervisi manajerial pengawas sekolah dan komitmen kepala
sekolah pada tugas secara bersama-sama berkontribusi sebesar 41,8%
terhadap kinerja kepala sekolah. Daya prediksi kedua variabel tersebut
adalah 41,8%, sedangkan 58,2% berasal dari faktor lain yang tidak dikaji
dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terlihat bahwa
kinerja kepala sekolah termasuk pada kategori cukup dengan skor rata-rata
73,4%, dan supervisi manajerial pengawas sekolah berada pada kategori
cukup dengan skor rata-rata 64,5%, sedangkan komitmen kepala sekolah
pada tugas berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 73,4%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 03:52
Last Modified: 15 May 2025 03:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item
View Item