Kontribusi Konsep Diri dan Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Tugas Guru pada SD Negeri Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Edison, Edison (2015) Kontribusi Konsep Diri dan Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Tugas Guru pada SD Negeri Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EDISON_1209830_3303_2015.pdf] Text
B1_1_EDISON_1209830_3303_2015.pdf

Download (786kB)

Abstract

Efektivitas pelaksanaan tugas guru dianggap sebagai salah satu faktor
penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Dari hasil studi pendahuluan
ditemukan bahwa efektivitas pelaksanaan tugas guru sekolah dasar di kecamatan
Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan tidak sebagaimana mestinya. Kondisi ini
diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, tapi yang dianggap lebih dominan yaitu,
konsep diri dan pelaksanaan supervisi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian
ini dirancang untuk menyelidiki kontribusi konsep diri dan pelaksanaan supervisi
pembelajaran terhadap efektivitas pelaksanaan tugas guru. Tujuan penelitian ini
adalah 1) konsep diri guru berkontribusi terhadap efektivitas pelaksanaan tugas
guru 2) pelaksanaan Supervisi Pembelajaran berkontribusi terhadap terhadap
efektivitas pelaksanaan tugas guru, 3) Konsep diri guru dan pelaksaan supervisi
pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi terhadap efektivitas pelaksanaan
tugas guru di SD Negeri Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 307 orang guru
Sekolah Dasar Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Sampel 61
orang guru yang terpilih melalui teknik stratified proportional random sampling.
Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya.
Data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik korelasi dan regresi
menggunakan program SPSS Versi 20.
Hasil analisis data menunjukan bahwa konsep diri berkontribusi terhadap
efektivitas pelaksanaan tugas guru SD Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok
Selatan dengan besaran kontribusi sebesar 24,7%, pelaksanaan supervisi
pembelajaran berkotribusi terhadap efektivitas pelaksanaan tugas guru SD
Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok dengan besaran sebesar 25,7%. Konsep
diri dan pelaksanaan supervisi pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi
terhadap efektivitas pelaksanaan tugas guru sebesar 41,5%. Hal ini menjelaskan
bahwa untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas guru yang baik dan
ideal sebaiknya dilakukan melalui peningkatan konsep diri, pelaksanaan supervisi
pembelajaran dan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 03:51
Last Modified: 15 May 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10775

Actions (login required)

View Item
View Item