Syam., Edwin (2014) Pengaruh Media Audio Visual dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_EDWIN_SYAM_20203_2619_2014.pdf [thumbnail of B1_1_EDWIN_SYAM_20203_2619_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_EDWIN_SYAM_20203_2619_2014.pdf
Download (810kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
audio visual dan motivasi siswa terhadap hasil belajar Seni Budaya Kelas VIII
SMP Negeri 5 Tapung Kabupaten Kampar. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah : 1) Hasil belajar Seni Budaya siswa dengan menggunakan
media audio visual lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan media konvensional, 2) Hasil belajar Seni Budaya siswa yang
memiliki motivasi tinggi dengan pembelajaran menggunakan media audio visual
lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa diajar dengan menggunakan media
konvensional, 3) Hasil belajar Seni Budaya siswa yang memiliki motivasi rendah
dengan pembelajaran menggunakan media audio visual lebih tinggi dari pada
hasil belajar siswa diajar dengan menggunakan media konvensional, dan
4) Terdapat interaksi antara penggunaan media belajar dan motivasi belajar siswa
terhadap hasil belajar Seni Budaya.
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tapung
Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan
menggunakan rancangan desain factorial 2 x 2, dengan jumlah sampel 44 orang
siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur
motivasi siswa dan tes objektif untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik
analisa data menggunakan Uji- t dan ANOVA.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil belajar Seni Budaya
siswa dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa yang diajar dengan menggunakan media konvensional dengan rata kelas
eksperimen 78,64 dan kelas kontrol 71,55; 2) Hasil belajar Seni Budaya siswa
yang memiliki motivasi tinggi dengan pembelajaran menggunakan media audio
visual lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa diajar dengan menggunakan media
konvensional dengan rata-rata kelas eksperimen 88,83 dan kelas kontrol 73,33;
3) Hasil belajar Seni Budaya siswa yang memiliki motivasi rendah dengan
pembelajaran menggunakan media audio visual lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa diajar dengan menggunakan media konvensional dengan rata-rata kelas
eksperimen 77,83 dan kelas kontrol 71,17; 4) Tidak terdapat interaksi antara
penggunaan media audio visual dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar
Seni Budaya
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio
visual dan motivasi siswa yang tinggi dalam proses pembelajaran dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya. Oleh karena
itu disarankan kepada guru dan pihak-pihak terkait agar dapat menggunakan
media pembelajaran yang tepat dan memperhatikan motivasi siswa dalam proses
pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:31 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10765 |