Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik oleh Pengawas terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Simpang Alahan Mati dan Bonjol Kabupaten Pasaman

Baharuddin, Efdizon (2010) Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik oleh Pengawas terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Simpang Alahan Mati dan Bonjol Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EFDIZON_BAHARUDDIN_10620_4987_2012.pdf] Text
B1_1_EFDIZON_BAHARUDDIN_10620_4987_2012.pdf

Download (139kB)

Abstract

Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan ke beberapa SMP Negeri di
Kabupaten Pasaman diperoleh gambaran bahwa Kinerja Guru relatif rendah, hal
ini ditandai dengan kurang baik perangkat yang digunakan, penggunaan strategi
pembelajaran kurang sesuai dengan kondisi siswa, kurang mau mengembangkan
diri, dan hasil belajar sisiwa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap
kontibusi motivasi kerja guru dan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas
sekolah terhadap kinerja guru, apakah motivasi kerja berkontribusi terhadap
kenerja guru, apakah supervisi Akademik oleh pengawas berkontribusi terhadap
kenerja guru, dan apakah Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik oleh pengawas
secara bersama-sama berkontribusi terhadap kenerja guru.
Metodologi penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif
dengan pendekatan korelasional, dengan melihat hubungan atau asosiasi antara
dua variabel. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri di Kecamatan
Simpang Alahan Mati dan Bonjol Kabupaten Pasaman, dengan jumlah 237 orang.
Sampel penelitian 75 orang diseleksi dengan teknik stratified profortional random
sampling. Data motivasi kerja, supervisi akademik, dan kinerja guru dikumpulkan
dengan angket model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisa dengan teknik
korelasi dan regresi.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kontribusi yang segnifikan
motivasi kerja guru dan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengwas baik
secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri di
Kecamatan Simpang Alahan Mati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
motivasi kerja berkontribusi sebesar 31.5 % terhadap kinerja guru, supervisi
akademik berkontribusi sebesar 10.% terhadap kinerja guru. secara bersama-sama,
sedangkan secara bersama-sama kedua prediktor berkontribusi terhadap kinerja
guru adalah 36.1 %. Dengan demikian variabel motivasi kerja guru dan
pelaksanaan supervisi merupakan turut mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja
guru dalam melaksanakan tugas mereka.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 15 May 2025 02:31
Last Modified: 15 May 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10762

Actions (login required)

View Item
View Item