Kurniawan, Taddy (2017) Pengaruh Produk dan Harga Souvenir terhadap Kepuasan Wisatawan di Lapau Panjang Cimpago Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_TEDDY_KURNIAWAN_15135166_5514_2017.pdf [thumbnail of B1_04_TEDDY_KURNIAWAN_15135166_5514_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_TEDDY_KURNIAWAN_15135166_5514_2017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Souvenir merupakan salah satu barang / produk yang selalu dicari wisatawan khususnya pada saat melakukan kunjungan ke suatu destinasi. Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti yang menemukan masih adanya keluhan dari wisatawan yang mengindikasikan ketidakpuasan wisatawan terhadap souvenir di Lapau Panjang Cimpago. Souvenir yang dijual di Lapau Panjang Cimpago tidak beragam sehingga wisatawan seringkali tidak menemukan souvenir yang diinginkan. Harga souvenir yang dijual kurang sesuai dengan kualitas dan jenis produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk dan Harga Souvenir Terhadap Kepuasan Wisatawan di Lapau Panjang Cimpago Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang pernah berkunjung ke Lapau Panjang Cimpago Kota Padang yang tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara accidental sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang. Pengumpulan data menggunakan angket berdasarkan Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan penilaian wisatawan tentang produk souvenir sebesar 42,27% responden menyatakan cukup baik, harga souvenir sebesar 49,48% menyatakan cukup baik, dan kepuasan wisatawan sebesar 54.64% responden menyatakan kurang puas. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier berganda produk dan harga terhadap kepuasan wisatawan di Lapau Panjang Cimpago Kota Padang diperoleh nilai koefisien R= 0.587, sig = 0,000 < 0.05. Sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis H a diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat didimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan produk (X1) dan harga (X2) terhadap kepuasan wisatawan (Y) di Lapau Panjang Cimpago Kota Padang. Penelitian ini memperoleh nilai R 2 = 0.344 yang menunjukan adanya 34,4% kepuasan wisatawan di Lapau Paanjang Cimpago Kota Padang dipengaruhi oleh produk dan harga souvenir.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk, Harga, Kepuasan, Wisatawan, Souvenir |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:41 |
Last Modified: | 15 May 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10758 |