Fanessa, Ameliza (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Padang Ganting. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_AMELIZA_FANESSA_73824_2803_2012.pdf [thumbnail of B1_4_AMELIZA_FANESSA_73824_2803_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_AMELIZA_FANESSA_73824_2803_2012.pdf
Download (216kB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran Sosiologi di kelas XI SMA N 1 Padang Ganting masih berpusat pada satu arah yang menyebabkan siswa tidak aktif dalam pembelajaran, siswa tidak mampu mengungkapakan ide atau gagasan dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman konsep pembelajaran sosiologi yang dapat dilihat dengan rendahnya hasil. Salah satu tipe pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran koopertif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran koopertif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar pemahaman konsep sosiologi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA N 1 Padang Ganting. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IS2 yang berjumlah 30 orang dan kelas XI IS3 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah soal tes hasil belajar berupa soal objektif pemahaman konsep. Soal tes hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa rata-rata pemahaman konsep Sosiologi kelas eksperimen adalah 60,31, sedangkan rata-rata pemahaman konsep Sosiologi kelas kontrol adalah 38,41. Pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperoleh t hitung = 5,49 dengan taraf nyata α = 0,05 dan df = 58, sedangkan t tabel = 2,00 karena t hitung > t tabel maka hipotesis Hi diterima. Oleh karena itu, berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran koopertif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS SMA N 1 Padang Ganting.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 15 May 2025 01:40 |
Last Modified: | 15 May 2025 01:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10750 |