Hubungan antara Pendekatan Andragogi dengan Partisipasi Peserta Pada Kegiatan Kursus Pranikah Angkatan XXXIV Di BP4 Kota Pariaman

Novika, Amelia (2014) Hubungan antara Pendekatan Andragogi dengan Partisipasi Peserta Pada Kegiatan Kursus Pranikah Angkatan XXXIV Di BP4 Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_AMELIA_NOVIKA_11791_2358_2014.pdf] Text
B1_4_AMELIA_NOVIKA_11791_2358_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi peserta kursus di lembaga BP4 Kota Pariaman. Dilihat dari semakin berkurangnya jumlah peserta yang hadir, banyaknya peserta yang terlambat dan ada juga yang datang saat materi pertama sudah hampir selesai, tidur saat penjelasan materi, serta tugas dari instruktur tidak dikerjakan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran pendekatan andragogi yang digunakan instruktur, (2) gambaran partisipasi belajar peserta kursus, (3) melihat hubungan antara pendekatan andragogi dengan partisipasi peserta kursus pranikah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan korelasional, dengan populasi peserta kursus pada angkatan XXXIV. Sampel diambil secara simple random sampling, Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan alat pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan presentase dan product momen. Hasil dari penelitian ini adalah, peserta menyatakan tutor kurang maksimal menerapkan pendekatan andragogi di dalam kelas, partisipasi belajar peserta masuk dalam kategori rendah, terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan andragogi dengan partisipasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan andragogi yang digunakan tutor masih kurang maksimal, dan partisipasi peserta juga rendah, serta terdapat hubungan yag signifikan antara pendekatan andragogi dengan partisipasi peserta. Untuk dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta kursus, penulis menyarankan kepada tutor agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya dengan penerapan pendekatan andragogi dalam kegiatan kursus pranikah, dan pengelola lembaga untuk memperhatikan kebutuhan belajar peserta dalam pelaksanaan kursus pranikah. Kemudian diharapkan pada peniliti selanjutnya dapat melihat variabel-variabel lain yang berhubungan dengan pendekatan andragogi atau partisipasi belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Andragogi, Kursus Pranikah
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 15 May 2025 01:13
Last Modified: 15 May 2025 01:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item
View Item