Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Coffeeshop Bacarito Kopi dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI)

Sari, Putri Rahmania (2020) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Coffeeshop Bacarito Kopi dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_PUTRI_RAHMANIA_SARI_15030074_1091_2020.pdf] Text
B1_2_PUTRI_RAHMANIA_SARI_15030074_1091_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Coffeeshop Bacarito Kopi merupakan salah satu Coffeeshop berada di Kota Padang yang menyediakan kopi dengan berbagai variasi menu. Penelitian ini dilakukan karena terasa cukup tinggi daya saing Coffeeshop di Kota Padang sehingga
perlu diperhatikan kualitas pelayanan yang merupakan salah satu cara untukamempertahankan pelangganalama dan menarikzapelangganabaru. Kualitas pelayanan tersebut terdiri dari empati, daya tanggap, keandalan, bukti langsung, dan
jaminan. Penelitianzinisbertujuan untuk0mengetahuistingkat kepuasanqpelanggan dan kualitasspelayanan Coffeeshop Bacarito Kopi. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Coffeeshop Bacarito Kopi yang melakukan pembelian pada
Oktober 2019 dengan sampel berjumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah accidental sampling. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 20 item pernyataan.Data analisis dengan menggunakan metode CustomerxSatisfactionzIndex (CSI).
Berdasarkan hasil Customer Satisfaction Index yang didapatkan nilai sebesar 81,87%. Pelayanan yang diberikan oleh Coffeeshop Bacarito Kopi memperoleh hasil
keseluruhan yang baik sehingga dapat dikategorikan telah memenuhi harapan konsumennya. Hal ini menggambarkan pelanggan Coffeeshop merasa sangat puas dengan kinerja kualitas pelayanan yang Coffeeshop berikan. Perbaikan pelayanan yang perlu dilakukan adalah ketanggapan karyawan dalam menghadapi keluhan pelanggan, keandalan Coffeeshop Bacarito Kopi dalam cepat merespon pelanggan,
serta meningkatkan kepedulian terhadap saran yang diberikan pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 May 2025 01:13
Last Modified: 15 May 2025 01:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10741

Actions (login required)

View Item
View Item