Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Riski, Efrina (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_EFRINA_RISKI_15029095_3179_2019.pdf] Text
B1_1_EFRINA_RISKI_15029095_3179_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki peran yang sangat
penting yang diperlukan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran
matematika. Kemampuan pemahaman konsep tersebut harusnya dapat
dikembangkan melalui proses pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika
yang terjadi di kelas VIII SMPN 2 Pariaman belum melibatkan peserta didik
secara optimal dalam proses penemuan konsep, sehingga kemampuan pemahaman
konsep matematis peserta didik belum berkembang dengan baik. Di samping itu,
partisipasi atau peran aktif peserta didik dalam pembelajaran juga terlihat masih
kurang. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman konsep
matematispeserta didik. Alternatif yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi
masalah tersebut di atas adalah pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang
belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik
daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas yang
belajar
menggunakan pembelajaran konvensional VIII SMPN 2 dan
mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis
selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS di kelas VIII SMPN
2 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMPN 2 Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik penarikan sampel
dilakukan dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.6
sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes pemahaman
konsep matematis.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik dari pada kemampuan pemahaman
konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional
pada kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 May 2025 08:17
Last Modified: 14 May 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item
View Item