Efrison, Efrison (2014) Kontribusi Iklim komunikasi dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_EFRISON_19019_4743_2014.pdf [thumbnail of B1_1_EFRISON_19019_4743_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_EFRISON_19019_4743_2014.pdf
Download (395kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa kinerja guru SD Negeri di
Kecamatan Suliki masih rendah. Ini terlihat dari kurangnya kesungguhan guru dalam
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh
terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan.
Selanjutnya, peneliti menduga bahwa iklim komunikasi dan pelaksanaan supervisi kepala
sekolah mempengaruhi kinerja guru SD Negeri Kecamatan Suliki. Oleh karena itu perlu
dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkap kontribusi iklim komunikasi dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah
terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Suliki . Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini adalah: (1) Iklim komunikasi berkontribusi terhadap kinerja guru, (2)
Pelaksanaan supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, (3) Iklim
komunikasi dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi
terhadap knerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Suliki
yang berjumlah 172 orang. Sampel penelitian berjumlah 64 orang yang diambil dengan
teknik Stratified Proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata
jenjang pendidikan dan masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket
model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian
dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Iklim komunikasi berkontribusi
terhadap kinerja guru sebesar 25,5%, (2) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah
berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 14,9%,(3) Iklim komunikasi dan pelaksanaan
supervisi kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar
32,9%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa kinerja guru, iklim
koumnikasi, dan pelaksanaan supervisi kepala sekolah masih berada pada kategori cukup
dengan tingkat ketercapaian skor masing-masingnya sebesar 75,89%, 77,13%, dan
74,65% dari skor ideal.
Temuan di atas mengimplikasikan bahwa iklim komunikasi dan pelaksanaan
supervisi kepala sekolah adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap kinerja guru,
akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap kinerja guru yang
tidak dikaji dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 08:17 |
Last Modified: | 14 May 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10715 |