Chandra, Sari Rahma (2014) Pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Talk Write dan Gender Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SARI_RAHMA_CHANDRA_12501_803_2014.pdf [thumbnail of B1_2_SARI_RAHMA_CHANDRA_12501_803_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SARI_RAHMA_CHANDRA_12501_803_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Hasil observasi di kelas VIII.8 SMP Negeri 12 Padang menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang terjadi belum optimal dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukan penelitian untuk melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model TTW dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan gender.
Penelitian ini adalah penelitian eskperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TTW dan pembelajaran konvensional, variabel moderator yang dipilih adalah gender, dan variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Data diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model TTW lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan yang menggunakan model TTW lebih tinggi dari siswa perempuan yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki yang menggunakan model TTW lebih tinggi dari siswa laki-laki yang menggunakan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 08:16 |
Last Modified: | 14 May 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10712 |