Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Program Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 9 Padang

Lestari, Ayu Puji (2013) Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Program Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_11_AYU_PUJI_LESTARI_2747_2013W.pdf] Text
B1_11_AYU_PUJI_LESTARI_2747_2013W.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian berawal dari kenyataan bahwa motivasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 9 Padang masih rendah, hal ini diduga ada banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satu faktor dari luar diri siswa yaitu lingkungan sekolah yang kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang lingkungan sekolah SMK Negeri 9 Padang, mendeskripsikan tentang motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 9 Padang, menganalisis apakah terdapat hubungan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan program keahlian Jasa Boga SMK Negeri 9 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah merupakan variabel (X) dan motivasi belajar sebagai variabel (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Jasa Boga sebanyak 159 orang, Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 62 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui angket yang berisi pernyataan yang berkaitan dengan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan dan disusun berdasarkan Skala Likers. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi dengan rumus korelasi product moment yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dan dilanjutkan uji t dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Product Solution and Service) for windows versi 18,0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) lingkungan sekolah SMK Negeri 9 Padang kompetensi keahlian Jasa Boga termasuk pada kategori Cukup Baik (37%). (2) Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan program keahlian Jasa Boga SMK Negeri 9 Padang termasuk dalam kategori Cukup Baik(35%). (3) Terdapat hubungan signifikan dan positif antara Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Program Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 9 Padang dengan koefisien antara lingkungan sekolah dan motivasi sebesar 0,691, hasil uji keberartian koefisien korelasi thitung > ttabel (3,756 dan 2,001 >1,9949 atau nilai signifikansi 0,000 < α 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya lingkungan sekolah yang baik maka motivasi belajar juga akan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 14 May 2025 07:07
Last Modified: 14 May 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item
View Item