Meningkatkan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Melalui Permainan Kartu Kata pada Anak Tunarungu

wina, Ayu Putri (2015) Meningkatkan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Melalui Permainan Kartu Kata pada Anak Tunarungu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_AYU_PUTRI_WINA_17207_1770_2015.pdf] Text
B1_2_AYU_PUTRI_WINA_17207_1770_2015.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan
di SDLB 20 Pondok Duo Pariaman, seorang anak tunarungu kelas BV yang
mengalami masalah dalam penyusunan struktur kalimat. Kemampuan anak masih
sangat rendah, anak belum bisa untuk menyelesaikan soal menyusun struktur
kalimat Subjek, Prediket, Objek (S-P-O) . Berdasarkan hal tersebut maka
penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah permainan kartu kata pada
anak tunarungu dapat meningkatkan kemampuan menyusun struktur kalimat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitan eksperimen dengan metode
Single Subject Research (SSR), dengan disain A-B-A dan teknik analisis datanya
menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunarungu
kelas BV. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan pencatatan data jumlah soal
yang dijawab benar oleh anak. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan
persentase, yaitu membagi skor jawaban benar dengan skor total soal, kemudian
dikali 100%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak tunarungu
dalam menyusun struktur kalimat meningkat. Pada awal kondisi baseline (A1)
pengamatan dilakukan sebanyak 6 kali dengan mean level 33,3%, pada kondisi
intervensi pengamatan dilakukan sebanyak 9 kali dengan mean level 85,6, dan
pada kondisi baseline (A2) pengamatan dilakukan sebanyak 6 kali dengan mean
level yang diperoleh 96%. Hasil analisis data diperoleh arah kecendrungan data
menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menyelesaikan soal
menyusun struktur kalimat yang lebih baik. Perubahan level data pada kondisi
baseline (A1) adalah 10%, pada kondisi intervensi (B) adalah 50%, dan pada
kondisi baseline (A2) adalah 10%. Overlap data yang terjadi pada kondisi
baseline (A1) dan intervensi adalah 0%, dan overlap data pada fase baseline (A2)
dan intervensi adalah 11,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan permainan kartu kata efektif untuk meningkatkan kemampuan
menyusun struktur kalimat bagi anak tunarungu di SDLB 20 Pondok Duo
Pariaman. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat menggunakan
permainan kartu kata untuk belajar menyusun struktur kalimat Subjek, Prediket,
Objek.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Kartu Kata
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 14 May 2025 07:18
Last Modified: 15 May 2025 00:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10691

Actions (login required)

View Item
View Item