Winda, Eka (2010) Pengaruh Learning Cycle - 5E Terhadap Capaian Kompetensi Dasar Kimia 3.1 dan 3.2 Siswa Kelas XI IPA MA Ummatan Wasathan Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_EKA_WINDA_11119_3104_2012.pdf [thumbnail of B1_1_EKA_WINDA_11119_3104_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_EKA_WINDA_11119_3104_2012.pdf
Download (116kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Learning Cycle - 5E terhadap hasil belajar kimia siswa dan untuk mengetahui pengaruh
tingkat IQ siswa terhadap hasil belajar kimia siswa MA Ummatan Wasathan Pekanbaru.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Ummatan Wasathan
Pekanbaru tahun ajaran 2009/2010. Pembelajaran yang berlangsung dikelas eksperimen
menggunakan model Learning Cycle - 5E, sedangkan pembelajaran yang berlangsung di
kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan
dengan cara tes hasil belajar. Hipotesis pertama, kedua dan ketiga diuji menggunakan uji
t dan hipotesis keempat uji ANAVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan
pembelajaran model Learning Cycle -5E lebih tinggi dari pada siswa dengan
pembelajaran konvensional. (2) Hasil belajar siswa dengan tingkat IQ tinggi yang
memperoleh model Learning Cycle -5E lebih baik dari pada siswa yang memperoleh
model pembelajaran konvensional. (3) Hasil belajar siswa dengan tingkat IQ rendah yang
memperoleh model Learning Cycle -5E lebih baik dari pada siswa yang memperoleh
model pembelajaran konvensional. (4) Tidak terdapat interaksi antara model Learning
Cycle -5E dengan tingkat IQ siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 05:08 |
Last Modified: | 14 May 2025 05:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10672 |