Dwapatesty, Eldasisca (2023) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Iklim Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELDASISCA_DWAPATESTY_20147015_7671_2023.pdf [thumbnail of B1_1_ELDASISCA_DWAPATESTY_20147015_7671_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELDASISCA_DWAPATESTY_20147015_7671_2023.pdf
Download (977kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis mengenai
pengaruh kompetensi kepribadian guru dan iklim sekolah terhadap karakter peserta
didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok yang menunjukkan bahwa
masih kurang baik dan karakter peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai (1) apakah ada pengaruh
kompetensi kepribadian guru terhadap karakter peserta didik Sekolah Menengah
Pertama di Kabupaten Solok, (2) apakah ada pengaruh iklim sekolah terhadap
karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok, (3) apakah
ada pengaruh kompetensi kepribadian guru dan iklim sekolah secara bersama-sama
terhadap karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis
penelitian “asosiatif”. Populasi berjumlah 1446 orang guru dan sampel ditentukan
dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% dengan teknik
Proportionate Random Sampling memperoleh 131 orang guru. Instrumen Penelitian
menggunakan angket dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban.
Sebelum angket tersebut digunakan sebelumnya sudah dilakukan uji coba untuk
mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Uji coba dilakukan terhadap populasi diluar
sampel sebanyak 30 orang dari hasil uji coba diketahui bahwa angket penelitian
sudah valid dengan nilai rhitung dimana lebih besar dari nilai rtabel yaitu 0,361 dan nilai
cronbach’s alpha reliabel untuk semua variabel dengan nilai 0,6. Data dianalisis
dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan regresi berganda dan
menggunakan SPSS versi 23.0
Hasil analisis deskriptif karakter peserta didik sebesar 88,40%, kompetensi
kepribadian guru sebesar 84,20%, dan iklim sekolah sebesar 85,80%. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian
guru dengan karakter peserta didik sebesar 22,2%, terdapat pengaruh signifikan
antara iklim sekolah dan komitmen kerja guru terhadap karakter peserta didik sebesar
11,8%, terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian guru dan iklim
sekolah secara bersama-sama terhadap karakter peserta didik sebesar 24,6%.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10668 |