Hayati, Elfa (2010) Evaluasi Program MGMP Kimia Kota Padang dengan Menggunakan Model CIPP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELFA_HAYATI_91625_4979_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ELFA_HAYATI_91625_4979_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELFA_HAYATI_91625_4979_2012.pdf
Download (131kB)
Abstract
Rendahnya tingkat profesionalisme guru secara umum disebabkan oleh
masih banyaknya guru yang tidak menekuni profesinya secara total. Salah satu
usaha meningkatkan mutu guru atau kompetensi guru tersebut adalah dengan
melaksanakan kegiatan berbentuk forum atau wadah kegiatan yang disebut
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Berdasarkan hal tersebut, peneliti
mengadakan penelitian evaluasi model CIPP terhadap program MGMP Kimia
Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui program-program MGMP
Kimia Kota Padang Tahun Pelajaran 2008/2009 dalam hal konteks berupa
kesuaian program dan tujuan program yang dicanangkan dengan kebutuhan
peserta serta keberadaan dan lingkungan program, dalam hal input berupa
kekuatan dan karakteristik nara sumber dan peserta program serta sarana
prasarana untuk nara sumber dan peserta MGMP, dalam hal proses berupa
relevansi pelaksanaan kegiatan program MGMP dengan kebutuhan peserta,
kesesuaian persiapan dengan pelaksanaan program, serta kendala pelaksanaan
program, dan dalam hal produk berupa peningkatan profesionalisme peserta dan
hasil kegiatan MGMP yang dapat diterapkan di sekolah peserta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Metode penelitian berupa
deskriptif kuantitatif-kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta MGMP Kimia
Kota Padang Tahun Pelajaran 2008/2009 yang menjadi responden sebanyak 42
orang dan Pengurus MGMP. Objek penelitian ini adalah program MGMP Kimia
Kota Padang yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri I Padang. Variabel dan data penelitian ini adalah
evaluasi program MGMP, berupa evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi
proses, dan evaluasi produk. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket
atau kuesioner berupa check list dan skala serta wawancara. Data dianalisis secara
kuantitatif, kemudian dikategorikan secara kualitatif. Analisis data penelitian ini
diproses dengan menggunakan analisis persentase.
Kesimpulan hasil penelitian berupa evaluasi model CIPP terhadap
Program MGMP Kimia Kota Padang Tahun Pelajaran 2008/2009 adalah konteks
berupa program dan tujuan yang dicanangkan sesuai dengan kebutuhan peserta
serta keberadaan dan lingkungan program MGMP memadai, input berupa
kekuatan dari segi nara sumber dan peserta baik serta sarana-prasarana memadai
untuk nara sumber dan peserta MGMP, proses berupa pelaksanaan kegiatan
program MGMP relevan/sesuai dengan kebutuhan peserta, persiapan dan
pelaksanaan program MGMP sesuai dan terlaksana dengan baik, produk berupa
hasil kegiatan MGMP meningkatkan profesional peserta dengan kategori baik, hasil
kegiatan MGMP telah diterapkan dengan baik di sekolah masing-masing peserta.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:28 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10666 |