Elfiza, Elfiza (2011) Kontribusi Pemberian Insentif dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELFIZA_51326_3529_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ELFIZA_51326_3529_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELFIZA_51326_3529_2012.pdf
Download (80kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisa:
1) Kontribusi pemberian insentif terhadap kepuasan kerja guru SMK Swasta di
Kota Bukittinggi, 2) Kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja
guru SMK Swasta di Kota Bukittinggi, 3) Kontribusi pemberian insentif dan
supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru
SMK Swasta di Kota Bukittinggi. Ada tiga hipotesis yang diajukan dalam
penelitian adalah: 1) pemberian insentif berkontribusi terhadap kepuasan kerja
guru, 2) Supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru,
3) Pemberian insentif dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah 279 orang guru SMK Swasta Kota
Bukittinggi yang berstatus sebagai guru yayasan bertugas pada tahun 2010/2011,
teknik pengambilan sampel dengan teknik Stratified Proportional Random
Sampling yaitu diperoleh sebanyak 73 orang. Data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul itu kemudian dianalisis secara
statistik dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pencapaian rata-rata skor
Kepuasan Kerja guru termasuk kategori baik atau puas (84,7% skor ideal, secara
bersama sama (simultan) variabel pemberian insentif dan supervisi kepala
berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru di SMK Swasta Bukittinggi sebesar
17,30 % 2) Tingkat pencapaian skor termasuk kategori kurang sekali (44,2% dari
skor ideal), kontribusi variabel pemberian insentif terhadap kepuasan kerja guru di
SMK Swasta Bukittinggi sebesar 12,90 %, 3) Tingkat pencapaian skor Supervisi
Kepala Sekolah termasuk kategori kurang (59% dari skor ideal), kontribusi
variabel supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMK Swasta
Bukittinggi sebesar 8%
Berdasarkan kesimpulan dan implikasi, disarankan agar dalam upaya
meningkatkan kepuasan kerja guru, maka kepala sekolah hendaknya dapat
meningkatkan pemberian insentif dan supervisi terhadap pelaksanaan kerja guru
dengan cara memberikan bimbingan dan arahan kepada para guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:07 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10661 |