Agustina, Eli (2010) Pengaruh Sistem Pembelajaran Modul dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Islam As-Shofa Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELI_AGUSTINA_91548_4991_2012.pdf [thumbnail of B1_1_ELI_AGUSTINA_91548_4991_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELI_AGUSTINA_91548_4991_2012.pdf
Download (169kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran
modul dan sikap belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Islam As
Shofa dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan system
pembelajaran modul lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan
sistem pembelajaran konvensional.
Penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan apakah: (1) hasil belajar
siswa yang diajar dengan modul lebih tinggi daripada yang diajar dengan
pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar siswa dengan sikap tinggi yang
diajarkan dengan pembelajaran modul lebih tinggi daripada siswa yang diajar
dengan pembelajaran konvensional, (3) hasil belajar siswa dengan sikap rendah
yang diajarkan dengan modul lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan
pembelajran konvensional, (4) terdapat interaksi sistem pembelajaran modul dan
sikap belajar terhadap hasil belajar matematika?
Penelitian ini dilakukan di SMA Islam As-Shofa pada siswa kelas XI
semester 2 ahun pelajaran 2008/2009. Kelas eksperimen dan kelas kontrol terdiri
dari 20 siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan
menggunakan desain penelitian Treatment by Block. Pengukuran skor sikap
dilakukan dengan menggunakan angket dengan model skala Likert. Sedangkan
skor hasil belajar diperoleh dengan memberikan tes. Tekhnik analisis data
menggunakan analisis varians (anava).
Hasil penelitian ini mengungkapkan: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan pembelajaran modul lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang
diajarkan
dengan pembelajaran konvensional, (2) Hasil belajar siswa yang
memiliki sikap tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan pembelajaran konvensional, (3) hasil belajar siswa dengan sikap rendah
yang diajarkan dengan modul lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional (4) Tidak terdapat interaksi antara sistem
pembelajaran modul dan sikap terhadap hasil belajar matematika. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran modul lebih efektif
daripada sistem pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:07 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10658 |