Pasmawati, Hermi (2012) Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Belajar dan Prestasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling: Studi Pada Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Negeri Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HERMI_PASMAWATI_19117_6737_2012.pdf [thumbnail of B1_1_HERMI_PASMAWATI_19117_6737_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HERMI_PASMAWATI_19117_6737_2012.pdf
Download (527kB)
Abstract
Belajar di perguruan tinggi melibatkan proses yang lebih kompleks, mulai dari
sistem perkuliahan, cara belajar, dan tugas-tugas perkuliahan, yang menuntut
mahasiswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan pola kehidupan belajar di
perguruan tinggi, terutama mahasiswa tahun pertama, yang berada pada periode
transisi dari sekolah menengah atas ke perguruan tinggi. Kesuksesan mahasiswa
dalam belajar di perguruan tinggi banyak dipengaruhi oleh berbagai factor, salah
satunya adalah penyesuaian diri. Kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan diri
dengan pola belajar di perguruan tinggi diduga berpengaruh terhadap perolehan
prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penyesuaian
diri mahasiswa dalam belajar 2) tingkat capaian prestasi belajar mahasiswa, 3)
hubungan penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar,4)
perbedaan penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar berdasarkan aspek jenis
kelamin.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun pertama Universitas Negeri Padang
Tahun Pelajaran 2011/2012 (7285), dengan jumlah sampel sebanyak 380 orang, yang
dipilih dengan teknik proporsional random sampling.Instrumen yang digunakan
adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian
pertama dan kedua dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga
dianalisis dengan teknik korelasi Pearson, dan tujuan penelitian keempat dianalis
dengan teknik uji beda (t-tes) .
Temuan penelitian ini: 1) secara umum penyesuaian diri mahasiswa dalam
belajar berada pada katagori sedang, 2) secara umum prestasi belajar mahasiswa
berada pada katagori sedang, 3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara
penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar dan prestasi belajar dengan nila rxy 0,541,
4) terdapat perbedaan yang signifikan penyesuaian diri dalam belajar berdasarkan
jenis kelamin, dimana penyesuaian diri mahasiswa wanita lebih tinggi dibanding
penyesuaian diri mahasiswa pria.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENYESUAIAN DIRI, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:06 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10655 |