Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Pop Up Book di Kelas II SD Negeri 13 Kubu Gulai Bancah Bukittinggi.

Sari, Rina Permata (2021) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Pop Up Book di Kelas II SD Negeri 13 Kubu Gulai Bancah Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RINA_PERMATA_SARI_17124056_3155_2022.pdf] Text
B1_01_RINA_PERMATA_SARI_17124056_3155_2022.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca permulaan dengan menggunakan media pop up book pada siswa kelas II SDN 13 Kubu Gulai Bancah Bukittinggi. Penelitian ini mmerupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 13 Kubu Gulai Bancah Bukittinggi sebanyak 22 orang. Pembelajaran dengan menggunakan media pop up book dilakukan sesuai dengan tahapan kegiatan membaca permulaan, yakni tahap prabaca, saat baca, dan pasca baca. Data penelitian diperoleh dari hasil uji validitas, praktikalitas dan efektivitas yang dilakukan. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Hasil dari data praktikalitas diperoleh melalui angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Kemudian, untuk data keefektifan dilihat aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada analisis data validasi buku ajar oleh para ahli dan praktisi pendidikan berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 86,84. Hasil uji praktikalitas dengan menggunakan angket untuk guru berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata 89,28 dan angket siswa berada pada kategori sangat praktis dengan rata-rata 94. Efektifitas bahan ajar ditunjukkan dengan aktifitas membaca
permulaan siswa. Pada kegiatan prabaca diperoleh rata-rata 98 dengan kategori sangat baik, kegiatan saat baca diperoleh rata-rata 96 dengan kategori sangat baik, dan kegiatan pascabaca diperoleh rata-rata 97 dengan kategori sangat baik. Untuk hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari pembelajaran 1-6
dengan rata-rata 96 yang berada pada kategori sangat tinggi.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar pop up book yang dikembangkan untuk siswa kelas II Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 May 2025 04:04
Last Modified: 14 May 2025 04:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item
View Item