Yanti, Santi Attri (2012) Upaya Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Melalui Peta Pikiran (Mind Mapping) Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IS Di SMA N 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SANTI_ATTRI_YANTI_89217_2963_2012.pdf [thumbnail of B1_2_SANTI_ATTRI_YANTI_89217_2963_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SANTI_ATTRI_YANTI_89217_2963_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis
siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran sejarah di kelas XI IS SMA N 2
Padang Panjang. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya kemampuan siswa untuk
berpikir kritis seperti mengeluarkan pendapat dan menjawab pertanyaan guru.
Guna mengatasi masalah di atas, perlu usaha dari guru untuk meningkatakan
berpikir kritis siswa antara lain guru hendaknya menggunakan model
pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam proses
pembelajaran. Adapun cara yang dapat membantu peningkatan berpikir kritis
siswa adalah melalui penerapan model pembelajaran Peta Pikiran (Mind
Mapping). Tujuan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Peta
Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dalam mata
pelajaran sejarah di kelas XI IS-1 SMA N 2 Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Reseach). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari tiga kali
pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa
kemampuan berpikir kritis siswa, sedangkan alat pengumpulan data berupa
lembaran observasi. Teknis analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif
porsentase dengan rumus P= (F / N) x100. Subjek penelitian adalah kelas XI IS-1
SMA N 2 Padang Panjang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 orang
siswa.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan istrumen berpikir kritis
siswa yang diamati pada setiap pertemuan. Rata-rata persentase berpikir kritis
siswa yang mendukung keberhasilan belajar pada siklus pertama adalah 39,42%
sedangkan pada siklus kedua adalah 64,58% , berarti mengalami peningkatan
sebesar 25.16%. Dari 7 indikator berpikir kritis siswa yang mendukung
keberhasilan belajar, pada siklus pertama berpikir kritis siswa seperti menganalisis
hubungan sebab akibat, menyimpulkan karakteristik dan memecahkan masalah
belum terlaksana kategori kurang. Sedangkan pada siklus kedua masing-masing
terlaksana dalam karegori baik.
Bersadarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
model Peta Pikiran dapat meningkatkan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran
Sejarah di kelas XI IS SMA N 2 Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:14 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10636 |