Jacobs, Henny (2011) Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggambar di Taman Kanak-Kanak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HENNY_JACOBS_52890_3612_2012.pdf [thumbnail of B1_1_HENNY_JACOBS_52890_3612_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HENNY_JACOBS_52890_3612_2012.pdf
Download (149kB)
Abstract
Pendidikan seni adalah salah satu bidang kemampuan dasar yang
dikembangkan di TK, dan menggambar merupakan bagian seni yang sangat
digemari anak. Kegiatan ini belum optimal karena kurangnya pemahaman guru
tentang gaya belajar anak, metode kurang bervariasi dan belum adanya media
pembelajaran menggambar sehingga menimbulkan konsep verbal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran media video pada
pembelajaran menggambar kemudian diaplikasikan pada anak TK.
Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development
research) yang dimodifikasi dari model 4-D (four D). Instrumen penelitian
dibakukan dengan menggunakan skala Guttman dengan koefisien
reproduksibilitas (Kr) = 1 dan koefisien skalabilitas (Ks) = 1, angka ini sudah
memenuhi syarat 0,90 untuk Kr dan 0,60 untuk Ks sudah di atas standar artinya
media video ini sangat sempurna.
Berdasarkan hasil validasi dari pakar/praktisi dinyatakan bahwa media
video sudah sesuai, sesuai, jelas, berkaitan, sederhana, dan meningkatkan
kreativitas. Hasil belajar sudah mencapai ketuntatasan 85% (85% ≥ 75%),
Analisa secara statistik diperoleh � �
= 86,5 median = 91,2 standar deviasi =
8,81. Dapat dikatakan media ini sangat valid (sahih) dengan hasil yang sangat
mengagumkan.
Produk ini dapat digunakan pada pembelajaran menggambar di kelas,
dan bisa digunakan untuk CCTV, televisi daerah dan televisi berskala nasional,
sehingga dapat disaksikan ribuan bahkan jutaan anak di seluruh nusantara
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:14 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10627 |