Efektivitas Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Bagi Anak Tunadaksa Kelas I Di SLB Fan Redha Padang

Almaini, Sahari (2013) Efektivitas Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Bagi Anak Tunadaksa Kelas I Di SLB Fan Redha Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SAHARI_ALMAINI_1100300_3482_2015.pdf] Text
B1_2_SAHARI_ALMAINI_1100300_3482_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan temuan peneliti di SLB Fan Redha Padang,
tentang anak tunadaksa X belum mengenal huruf konsonan. Peneliti ingin
meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan bilabial (b, p dan m) yang
disajikan di awal, tengah dan akhir kata dengan teknik mind mapping. Tujuan
penelitian untuk membuktikan apakah teknik mind mapping efektif untuk
meningkatkan kemampuan mengenal huruf.
Pendekatan penelitian Single Subject Research desain A-B-A dan teknik
analisis data menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak
tunadaksa kelas 1, yang mana anak diminta untuk menunjuk dan menulis huruf
konsonan bilabial pada kata yang disediakan pada setiap kali pertemuan dan
penilaiannya dengan persentase.
Hasil penelitian kondisi (A1) enam kali pengamatan persentase 11,1%
sampai 22,2%, kondisi (B) delapan kali pengamatan persentase 36,1% sampai
94,1%, kondisi (A2) lima kali pengamatan persentase 80,5% sampai 91,7%.
Berdasarkan analisis data kondisi A1 mean level 17,5, kondisi B dan A2 terjadi
peningkatan mean level 65,6 dan 87,8. Hipotesis diterima karena analisis dalam
kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan kestabilan, jejak
data, dan perubahan level meningkat secara positif dan overlape data pada kondisi
B/A1 0 % dan kondisi B/A2 50% pada analisis antar kondisi kecil, dengan
demikian hipotesis alternatif penelitian yang diajukan dapat diterima sehingga
teknik mind mapping efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf
bagi anak tunadaksa di SLB Fan Redha Padang, Diharapkan hasil penelitian ini
dapat bermanfaat bagi guru dan peneliti selajutnya jika ditemui masalah yang
sama pada anak tunadaksa lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 May 2025 03:12
Last Modified: 14 May 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item
View Item