Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bagi Anak Kesulitan Belajar Melalui Teknik Mind Mapping Untuk Siswi X Kelas IV SD Negeri 04 Tarandam Padang

Putri, Sabrina (2016) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bagi Anak Kesulitan Belajar Melalui Teknik Mind Mapping Untuk Siswi X Kelas IV SD Negeri 04 Tarandam Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SABRINA_PUTRI_95592_4917_2016.pdf] Text
B1_2_SABRINA_PUTRI_95592_4917_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yangditemukan di SD
Negeri 04 Tarandam Padang, seorang siswi berkesulitan belajar mengalami
masalah berupa rendahnya kemampuan memahami bacaan.Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan
teknik mind mapping untuk siswi x yang berkesulitan belajar di SD Negeri 04
Tarandam Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single
subject research (SSR) dengan desain A1-B-A2 dan analisis data penelitian
menggunakan teknik analisis visual grafik. Subjek penelitiannya seorang siswi
kesulitan belajar kelas IV SD, siswi x diminta membaca wacana, membuat mind
mapping, melalui mind mapping siswi x dapat menceritakan kembali isi dari
wacana dan menjawab soal evaluasi tentang wacana yang telah dibaca.
Pengukuran variabelnya dengan menggunakan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak kesulitan
belajar.Dibuktikan dengan hasil baseline (A1) dilakukan sebanyak enam kali
pengamatan, persentase kemampuan memahami bacaan siswi x tetap pada rentang
27%. Hasil intervensi (B) menggunakan teknik mind mapping dilakukan sebanyak
delapan kali pertemuan, persentase kemampuan membaca pemahaman bervariasi,
kemampuan terus meningkat dan dihentikan pada pertemuan 12, 13, 14 karena
data sudah tidak bervariasi dengan nilai 75%, Baseline (A2) setelah tidak lagi
diberikan bantuan dalam pembuatan mind mapping, dilakukan sebanyak lima kali
pertemuan, didapat hasil kemampuan siswi x dalam memahami bacaan stabil pada
pertemuan ke 17, 18, 19 dengan nilai 83%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 14 May 2025 03:10
Last Modified: 14 May 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10585

Actions (login required)

View Item
View Item