Nenny, Ruth (2016) Gambaran Pengelolaan Kelas Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RUTH_NENNY_55243_2448_2016.pdf [thumbnail of B1_2_RUTH_NENNY_55243_2448_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RUTH_NENNY_55243_2448_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengelolaan kelas guru pada mata pelajaran Sejarah di SMA N 1 Panti Kabupaten Pasaman.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sehingga penulisan ini akan mendeskripsikan, mencatat, menjelaskan dan memaparkan permasalahan yang diteliti. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Purposive sampling adalah penarikan informan secara sengaja yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Data penelitian diperoleh melalui cara bertatap muka dan tanya jawab secara langsung dengan responden dengan pedoman wawancara kepada informan penelitian dan dilakukan reduksi data kemudia data disajikan, diverifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkap bahwa terdapat 2 faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas yaitu, faktor internal dan faktor eksternal siswa. pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan pengelolaan kondisi fisik di kelas dalam hal pengaturan tempat duduk dengan berderet atau berbaris- berjajar, menggunakan kegiatan diskusi menyuruh siswa membentuk Pola susunan berkelompok, pola lingkaran atau persegi di dalam kelas. Upaya yang dilakukan guru yaitu melakukan pengaturan ruangan tempat berlangsungnya pembelajaran dengan memberikan keleluasaan gerak bagi siswa, mudah melakukan komunikasi jarak pandangan dan pendengaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 10 May 2025 05:55 |
Last Modified: | 10 May 2025 05:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10582 |