Adinda, Aurelia (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Wajah Dehidrasi Dengan Teknologi di SMK Kecantikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_AURELLIA_ADINDA_17078101_5532_2021.pdf [thumbnail of B1_2_AURELLIA_ADINDA_17078101_5532_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_AURELLIA_ADINDA_17078101_5532_2021.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran pada
perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi berupa video pembelajaran. Permasalahan di
temukan pada materi ini karena siswa masih kesulitan memahami konsep-konsep
pembelajaran dari buku ajar dan jobsheet serta guru hanya mendemontrasikan sebagian
dari kegiatan perawatan wajah dengan teknologi yang berdampak pada hasil belajar
siswa. Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mengembangkan media video pembelajaran
perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi, b) mengetahui tingkat kevalidan dan
praktikalitas media video pembelajaran perawatan wajah dehidrasi dengan teknologi di
SMK Negeri 7 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan
langkah 4-D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI tata kecantikan SMK
Negeri 7 Padang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan
data dilakukan menggunakan angket yang diberikan dengan langsung. Teknik analisis
data dengan menghitung skor penilaian media video dari angket yang diberikan dan
dikategorikan sesuai dengan interprestasi yang diperoleh.
Perolehan hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran yang telah
dikembangkan dengan model pengembangan 4-D, hasil validasi desain media sebesar
0,74 dengan kategori valid dan untuk validasi materi 0,85 dengan kategori sangat valid.
Hasil praktikalitas kelompok kecil didapatkan dari siswa sebesar 83,31% dengan kategori
sangat praktis, nilai praktikalitas kelompok besar didapatkan dari siswa sebesar 98,96 %
dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas didapatkan dari guru sebesar
94,62% dengan kategori sangat praktis. Dari perolehan hasil tersebut, maka media video
pembelajaran telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Adapun
saran yang peneliti berikan terkait hasil penelitian ini, yang pertama kepada guru untuk
dapat menggunakan media video pembelajaran ini sebagai referensi dalam pembelajaran
dikelas, bagi siswa media video ini sirankan untuk memanfaatkan video ini dengan baik
untuk meningkatkan hasil belajar, bagi jurusan tata rias dan kecantikan media video ini
dapat digunakan saat proses pembelajaran perawatan wajah dehidrasi dengan teknolog
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Perawatan Wajah Dehidrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 10 May 2025 00:43 |
Last Modified: | 10 May 2025 00:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10576 |