Pratiwi, Widya Okta (2022) Pelaksanaan Remedial pada Siswa Sosiologi di SMAN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupetan Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_WIDYA_OKTA PRATIWI_17058223_4543_2022.pdf [thumbnail of B1_04_WIDYA_OKTA PRATIWI_17058223_4543_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_WIDYA_OKTA PRATIWI_17058223_4543_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran remedial yang diberikan oleh guru untuk kelas XI IPS di SMAN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang masih belum mencapai KKM pada mata pelajaran sosiologi ada 34 siswa dari 65 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial pada siswa sosiologi di SMAN 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Teknik pemilihan informan dengan mengunakan purposive sampling dengan jumlah informan 16 orang yang terdiri dari 14 siswa sosiologi yang mengikuti remedial dan 2 orang guru mata pelajaran sosiologi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remedial sosiologi di SMAN 1 kecamatan Akabiluru dilakukan dengan tiga bentuk yaitu tutoring, pemberian tugas dan reteaching, waktu dari pelaksanaan remedial ini yaitu rutin dilakukan setelah siwa mengikuti ujian dan cara penyajian materi diberikan dengan memberikan stimulus berupa soal essay yang mudah dipahami dan bisa dianalisis siswa melalui kehidupannyata sehingga siswa bisa lebih memahami materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PELAKSANAAN REMEDIAL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 10 May 2025 00:42 |
Last Modified: | 10 May 2025 00:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10575 |