Faktor yang Mempengaruhi Remaja di Kota Padang Mengkonsumsi Rokok Menggunakan Analisis Regresi Logistik: Studi Kasus di Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat

Alfiyanti, Roza (2015) Faktor yang Mempengaruhi Remaja di Kota Padang Mengkonsumsi Rokok Menggunakan Analisis Regresi Logistik: Studi Kasus di Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ROZA_ALFIYANTI_1109418_5074_2015.pdf] Text
B1_2_ROZA_ALFIYANTI_1109418_5074_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Merokok merupakan suatu kegiatan yang banyak dilakukan orang, baik pria
maupun wanita. Merokok tidak hanya dilakukan oleh dewasa saja, namun saat ini
merokok juga menjadi popular dikalangan remaja. Perilaku merokok yang dimulai
pada usia remaja, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: pengaruh orang tua,
pengaruh teman, faktor kepribadian, dan pengaruh iklan. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah, apa faktor yang mempengaruhi konsumsi rokok pada remaja
di Kota Padang? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk model dan faktor
yang mempengaruhi konsumsi rokok pada remaja di Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian terapan. Populasi penelitian adalah remaja
laki-laki usia 10-19 tahun yang bertempat tinggal di Kelurahan Purus Kecamatan
Padang Barat, dengan jumlah sampel 100 responden yang dipilih menggunakan
metode accidental sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah status
konsumsi rokok pada remaja. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh
orang tua, pengaruh teman, faktor kepribadian dan pengaruh iklan. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh model regresi logistik biner dimana faktor yang
mempengaruhi konsumsi rokok pada remaja di Kelurahan Purus adalah pengaruh
teman (X2) dan pengaruh iklan (X4) dengan model :
�(�) =
����,�����,���(��)��,���(��)
1 + ����,�����,���(��)��,���(��)
Odds ratio untuk variabel pengaruh teman adalah 0,279 yang berarti
kecenderungan remaja dalam mengkonsumsi rokok yang dipengaruhi oleh teman
0,279 kali lebih besar dari pada responden yang merokok tetapi tidak dipengaruhi
oleh teman. Nilai odds ratio untuk variabel pengaruh iklan adalah 0,325 artinya
kecenderungan remaja dalam mengkonsumsi rokok yang dipengaruhi oleh iklan
0,325 kali lebih besar dari pada remaja yang mengkonsumsi rokok tetapi tidak
dipengaruhi oleh iklan

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika-D3
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 May 2025 00:40
Last Modified: 10 May 2025 00:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10561

Actions (login required)

View Item
View Item