Rosnita, Rosnita (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 10 Melalui Media Kalung Berangka Pada Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D 1 C di SLB Luak Nan Bungsu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ROSNITA_5848_2012.pdf [thumbnail of B1_2_ROSNITA_5848_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ROSNITA_5848_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan, dimana pada kelas
D 1 C di SLB Luak Nan Bungsu yang di dalamnya ada dua orang anak
tunagrahita ringan dan satu orang guru. Ketika dilaksanakan pembelajaran
mengenal lambang bilangan, anak belum bisa mengenal lambang bilangan 1
sampai 10 terlihat ketika dilakukan tes dimana menyebutkan dan menunjukkan
lambang bilangan 1 sampai 10 anak mengalami kesulitan. Berdasarkan hal
tersebut, peneliti mencoba menggunakan media kalung berangka untuk
meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10. Penelitian
ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan meningkatkan mengenal
lambang bilangan bagi anak tunagrahita ringan melalui media kalung berangka,
dan 2) untuk membuktikan media kalung berangka dapat meningkatkan
kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak tungrahita ringan kelas D 1 C
din SLB Luak Nan Bungsu.
Penelitian ini perbaikan pembelajaran menggunakan metode penelitian
tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan berkolaborasi
dengan teman sejawat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes,
kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran
meningkatkan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 melalui media kalung
berangka dilakukan dengan dua siklus. Siklus I dilakukan enam kali pertemuan
dan siklus II dengan lima kali pertemuan. Masing-masing pertemuan dilakukan
dengan siklus kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. 2) Hasil
pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan menyebutkan dan
menunjukkan lambang bilangan 1 sampai 10 melalui media kalung berangka pada
tes awal nilai kemampuan FJ (30%) dan FT (10%). Siklus I nilai kemampuan
anak meningkat yakni: FJ (60%) dan FT (55%). Sedangkan siklus II bertambah
meningkat yakni FJ memperoleh (85%) dan FT (80%) dari 20 item soal yang
diujikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui media kalung
berangka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai
10 anak tunagrahita ringan kelas D1 C di SLB Luak Nan Bungsu. Disarankan
pada sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan media
kalung berangka dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan 1 sampai 10
anak tunagrahita ringan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 10 May 2025 00:40 |
Last Modified: | 10 May 2025 00:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10560 |