Rahman, Aulia (2014) Efektifitas Metode Pembelajaran Total Physical Response (TPR) Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Tunanetra di Kelas VII SLB A Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_AULIA_RAHMAN_54050_5826_2014.pdf [thumbnail of B1_2_AULIA_RAHMAN_54050_5826_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_AULIA_RAHMAN_54050_5826_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di 
sekolah tingkat SMLB di SLB A Kota Payakumbuh. Dimana siswa belum mampu 
berbahasa Inggris dengan baik dikarenakan penguasaan kosakata bahasa Inggris 
siswa yang kurang. 
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen bentuk pre 
experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Dimana subjek 
penelitian diberikan pretest sebelum diberikan treatment selanjutnya diberikan 
posttest setelah diberikan treatment dengan metode Total Physical Response. 
Selanjutnya nilai dari kegiatan pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan 
uji U Mann Whitney. 
 Hasil penelitian ini menunjukkan, data yang terkumpul kemudian dianalisis 
dengan melihat rata – rata capaian siswa pada saat pretest yang hanya mencapai 38% 
dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Selanjutnya ketika menganalisa posttest
terdapat peningkatan yakni 87,5%. Selanjutnya data diolah agar lebih ilmiah dangan 
menggunakan uji U Mann Whitney. Dimana diperoleh Uhit = 0,5 dan Utab = 0 dengan 
n=4 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dapat disimpulkan hipotesis diterima 
karena Uhit > UTab, jadi terbukti bahwa metode Total Physical Response (TPR) dapat 
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa tunanetra. Saran dalam 
penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan metode Total Physical Response 
dalam mengajarkan bahasa asing kepada siswa tunanetra.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Total Physical Response (TPR) | 
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos | 
| Date Deposited: | 09 May 2025 09:13 | 
| Last Modified: | 09 May 2025 09:13 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10551 | 
 
         