Proses Pembelajaran Sejarah Menggunakan WhatsApp pada Masa Pandemi di SMAN 6 Padang

Kurniawan, Yoga (2021) Proses Pembelajaran Sejarah Menggunakan WhatsApp pada Masa Pandemi di SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_YOGA_KURNIAWAN_16046043_319_2021.pdf] Text
B1_2_YOGA_KURNIAWAN_16046043_319_2021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dan situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia, berdampak kepada aspek kehidupan terutama dunia pendidikan. Pemerintah menginstruksikan pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring (online). Perubahan mendadak pelaksanaan belajar mengajar ini menuntut guru dan siswa untuk mampu menguasai media belajar daring yang ada. Salah satu media belajar online yang digunakan yaitu WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran sejarah denganmenggunakan WhatsApp pada masa Pandemi di SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakanmetode deskriptif. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran sejarah dansiswa kelas XII IPS 1 SMAN 6 Padang. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara dan studi dokumen rekam jejak digital. Sedangkan teknik analisis yaitu model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada persiapan pembelajaran sejarah, guru dari rumah atau dari sekolah bersiap-siap melaksanakanpembelajaran sejarah dengan menggunakan WhatsApp melalui smartphone danmelalui WhatsApp Web pada laptop. Sementara itu, siswa bersiap mengikuti pembelajaran sejarah dengan menggunakan WhatsApp dari rumah melaluismartphone. Guru mempersiapkan bahan ajar dan tugas yang akan diberikankepada siswa. Pelaksanaan pembelajaran sejarah melalui WhatsApp diawali gurumengucapkan salam dan menyapa para siswa lalu diikuti kegiatan pengisian daftarhadir oleh siswa sesuai nomor urut absen di dalam grup kelas WhatsApp. Selanjutnya guru meminta siswa membaca sumber belajar dan sumber lain yang relevan. Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penugasan kepada siswadengan batas waktu pengerjaaan selama 7 hari. Tugas tersebut difotokan dan dikirim kepada guru via WhatsApp secara pribadi sebagai bukti siswa telahmengikuti proses belajar sejarah dengan menggunakan WhatsApp. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarahdengan menggunakan WhatsApp pada masa pandemi di SMAN 6 Padang iniseperti masa sebelum Pandemi Covid-19 namun disesuaikan dengan pembelajaransecara daring, tidak bertemunya guru dan siswa secara tatap muka dan pembelajaran sejarah hanya berfokus kepada pemberian tugas. Disarankan kepadaguru memanfaatkan fitur panggilan suara, video dan catatan suara untukmenunjang proses mengajar sejarah. Siswa disarankan agar maksimal menggunakan WhatsApp untuk berdiskusi, tanya jawab antar guru dan antarsiswa serta berbagi ilmu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, WhatsApp, Pandemi
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 09 May 2025 09:10
Last Modified: 09 May 2025 09:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item
View Item