Sahrin, Alpi (2019) Efek Implementasi Metode Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ALPI_SAHRIN_15063027_2937_2019.pdf [thumbnail of B1_4_ALPI_SAHRIN_15063027_2937_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ALPI_SAHRIN_15063027_2937_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek implementasi metode pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kompetensi kognitif siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X TITL SMK N 5 Padang. Proses pembelajaran di SMK N 5 Padang masih terpusat terhadap guru, sehingga berdampak pada pencapaian kompetensi siswa. Proses pembelajaran siswa mengandalkan penjelasan guru akibatnya kurang partisipasi aktif siswa dan hasil belajar siswa masih banyak belum mencapai KKM. Untuk itu dilakukan penelitian dengan implementasi metode pembelajaran Creative Problem Solving untuk melihat efeknya terhadap kompetensi kognitif siswa. Penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan posttest only control design. Subjek penelitian adalah kelas X TITL 2 dan kelas X TITL 3. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dalam bentuk soal esay. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan effect size. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi metode pembelajaran Creative Problem Solving memiliki efek yang besar terhadap kompetensi kognitif siswa pada mata pelajaran dasar distrik dan elektronika pada kompetensi dasar menerapkan hukum-hukum rangkaian listrik arus bolak-balik di kelas X TITL SMK N 5 Padang. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai ratarata nilai posttest kelas kontrol, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, kompetensi Siswa, Dasar Listrik dan Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 09 May 2025 08:09 |
Last Modified: | 09 May 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10525 |