Strategi Mahasiswa Universitas Terbuka dalam Proses Perkuliahan (Studi Kasus Mahasiswa UT di Pokjar Rao Kabupaten Pasaman)

Almufdi, Almufdi (2013) Strategi Mahasiswa Universitas Terbuka dalam Proses Perkuliahan (Studi Kasus Mahasiswa UT di Pokjar Rao Kabupaten Pasaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ALMUFDI_68159_3036_2013.pdf] Text
B1_4_ALMUFDI_68159_3036_2013.pdf

Download (383kB)

Abstract

Universitas Terbuka (UT) merupakan suatu perguruan tinggi di Indonesia yang di resmikan pada tanggal 4 September 1984 berdasarkan Keputusan RI No 41 Tahun1984. Di Kabupaten Pasaman tahun 2006 diizinkan UPTD Rao induk untuk mendirikan UT Pokjar Rao cabang Padang yang beralamat di SDN 01 Flamboyan Pasar Rao dengan sarat kuliah harus ada surat izin honor dari kepala sekolah tempat mengajar. Berdirinya UT di Pokjar Rao disebabkan oleh suatu kebutuhan seorang pendidik akan ilmu guna untuk menambah wawasan/ potensi mereka. Universitas Terbuka (UT) menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan seorang tenaga pendidik D-2 untuk menyetarakan gelar S-1 bagi masyarakat Rao dan sekitarnya. Pilhan seseorang untuk kuliah di UT Pokjar Rao karena di sebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kesibukan pekerjaan seperti di rumah, di sekolah, dan di kampus. Teori yang digunakan untuk menjelaskan hasil data dalam penelitian ini adalah pilihan rasional oleh James S. Coleman. Aktor dipandang sebagai manusia yang mempunyai tujuan dan pilihan yang tertuju pada upaya untuk mencapai suatu keperluan yang ditentukan oleh nilai atau pilihan. Aktor tidak menghiraukan apa yang menjadi sumber pilihan, yang penting adalah kenyataan bahwa tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan tingkatan pilihan si aktor. Tindakan seseorang kuliah di UT Pokjar Rao merupakan sebuah pilihan, karena mengingat dan menimbang pada tujuan yang dicapai terhadap beberapa kesibukan dengan pekerjaan yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian Studi kasus. Informan penelitian berjumlah 21 orang. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling (disengaja). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Peneliti melakukan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Milles dan Huberman. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa kuliah di UT Pokjar Rao merupakan suatu pilihan yang disebabkan oleh berbagai kesibukan, baik faktor internal dan eksternal dari seorang mahasiswa. Mengatasi permasalahan tersebut, dalam menyelesaikan proses perkuliahan, maka seorang mahasiswa perlu mengatur strategi, antara lain: (1) Di Rumah seperti belajar sambil mengurus keluarga, dan menyiapkan bahan kuliah. (2) Di Sekolah seperti membuat tugas dan menyiapkan bahan disela waktu jam istirahat, dan bisa konsultasi dengan teman sejawat. (3) Di Kampus seperti menjaga hubungan baik dengan pengelola/ pengurus, tutor, kawan-kawan sejawat, dan mematuhi peraturan di Pokjar Rao.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Mahasiswa, Proses Perkuliahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 09 May 2025 07:01
Last Modified: 09 May 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item
View Item