Asniati, Sulastri (2017) Hubungan Status Gizi terhadap Kesegaran Jasmani di SDN 20 Bukit Gonggang Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_SULASTRI_ASNIATI_1201810_5363_2017.pdf [thumbnail of B1_04_SULASTRI_ASNIATI_1201810_5363_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_SULASTRI_ASNIATI_1201810_5363_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya pemahaman konsep sosiologi siswa dalam materi pembelajaran sosiologi, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah proses pembelajaran sosiologi yang masih berupa penyampaian informasi yang menjadikan siswa hanya mampu mengingat. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menterjemahkan konsep sosiologi adalah melalui model pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team memberi pengaruh terhadap hasil belajar sosiologi siswa SMAN 1 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian berupa Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Kelompok dari 5 lokal XI IPS yang terpilih dua kelas yaitu XI IPS sebagai kelas eksperimen yang jumlah siswa nya 24 orang, sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IPS i 4 dengan jumlah siswa nya 25 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05. Hasil uji t dilakukan untuk enam komponen materi masyarakat multikultural yaitu pengertian masyarakat multikultural dengan t 2,47, Ciriciri masyarakat multikultural dengan t 3,49, bentuk keanekaragaman masyarat multikultural masyarakat multikultural t hitung faktor pendorong timbulnya masyarakat multikulturalt hitung hitung 3,30, masalah yang muncul dalam masyarakat multikultural t 2,62 dan proses penyelesaian masalah dalam masyarakat multikultural t hitung 3,58 . Dengan demikian pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team sangat cocok digunakan pada materi masyarakat multikultural dalam pemahaman konsep. Hasil penelitian secara keseluruhan pada soal konsep menunjukkan rata- rata skor teas akhir ( postest) secara umum pada kelas eksperimen adalah 91,13 dengkan pada kelas kontrol 77,04 kemudian diperoleh uji t yaitu 6,26 sedangkan t hitung tabel 2,012 berarti t hitung hitung > t = 6,26 > 2,012. Oleh karena itu “Terdapat Pengaruh Yang Berarti Pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat”.Dengan demikian pembelajaran Collaborative Tipe Quis Team dapat memberi pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar sosiologi siswa terutama pada aspek pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Collaborative, Tipe Quis Team, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar Sosiologi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 09 May 2025 06:54 |
Last Modified: | 09 May 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10453 |