Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Tamu Menginap di Premier Basko Hotel Padang

Amsy, Sukma Fitri (2018) Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Tamu Menginap di Premier Basko Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_SUKMA_FITRI_AMSY_1302607_3966_2018.pdf] Text
B1_04_SUKMA_FITRI_AMSY_1302607_3966_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil pengamatan peneliti terhadap tingkat hunian kamar di Premier Basko Hotel Padang yang mengalami penurunan dari tahun ke tahun, ini diduga oleh keputusan tamu menginap oleh konsumen tidak stabil selama tiga tahun terakhir 2015-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Premier Basko Hotel Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assossiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar Pengaruh Brand Image (X) Terhadap Keputusan Tamu Menginap (Y) di Premier Basko Hotel Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang sedang maupun sesudah menginap di hotel dengan jumlah 97 orang, sampel diambil dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling, dengan menggunakan sampel purposive sampling, yaitu teknik sampling berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu Tamu yang pernah maupun sedang menginap di Premier Basko Hotel Padang dengan kriteria umur di atas 17 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskripsi dan korelasi dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Brand Image berada pada kategori cukup (50,51%), (2) Keputusan tamu Menginap berada pada kategori cukup (33,0%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F 14,437 dengan sig. 0,000 < 0,05, maka variabel brand image dapat menjelaskan variabel keputusan tamu menginap secara signifikan, dengan nilai R Square sebesar 0,132. Artinya brand image mempengaruhi keputusan tamu menginap sebesar 13% dan 87% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya diperoleh t 3.800, dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, maka terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Kemudian diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,591, dengan nilai pada sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan brand image akan meningkatkan 0,591 satuan keputusan tamu menginap. Maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara Brand Image Terhadap Keputusan Tamu Menginap, maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Keputusan Tamu Menginap
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 09 May 2025 06:37
Last Modified: 09 May 2025 06:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10449

Actions (login required)

View Item
View Item