Dasriyanti, Roli (2013) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Melalui Metode Belajar Bermain Peran Siswa Kelas XI IPS2 SMA N 9 Sijunjung. Kabupataen Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ROLI_DASRIYANTI_05532_5394_2013.pdf [thumbnail of B1_2_ROLI_DASRIYANTI_05532_5394_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ROLI_DASRIYANTI_05532_5394_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terutama pada siswa kelas XI IPS2 di SMA N 9 Sijunjung, pembelajaran hanya bersifat satu arah yaitu siswa hanya menerima materi dari guru, akibatnya mereka kurang berminat dalam belajar. Dengan kata lain pembelajaran hanya terfokus pada pencapaian materi ajar saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar sejarah siswa kelas XI IPS2 SMA N 9 Sijunjung dengan menggunakan metode belajar bermain peran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi berupa ceklis. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA N 9 Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.
Dari proses penelitian yang di lakukan maka temuan dari penelitian ini pada siklus I menunjukkan bahwa minat siswa belum terlihat dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya minat siswa dalam bertanya bagaimana tampil di depan kelas dengan peran yang dimainkan, siswa senang memainkann perannya masing-masing sesuai dengan karakter tokoh yang mereka mainkan, siswa aktif dalam bertanya, siswa tertarik menyimak dialog yang dibacakan oleh temannya, siswa suka membaca dialog yang diperankan, ini semua berdasarkan sesuai dengan indikator minat. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan beberapa perubahan seperti memberikan motivasi kepada siswa dan memerintahkan kepada siswa benar-benar memahami dialog dan membuat dialog dikertas dobel volio serta memahami langkah-langkah bermain peran dengan baik. Setelah dilakukan perubahan pada siklus II, maka dari 5 indikator sudah memiliki kategori baik, kategori baik tersebut adalah perasaan tertarik dan kategori rendah adalah perasaan senang.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode belajar bermain peran dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 di SMA N 9 Sijunjung, Kabupaten Sijunjung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 09 May 2025 06:36 |
Last Modified: | 09 May 2025 06:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10432 |