Pengaruh Musik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktik Produktif di SMK Kelompok Pariwisata Sumatera Barat

Elida, Elida (2011) Pengaruh Musik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktik Produktif di SMK Kelompok Pariwisata Sumatera Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ELIDA_91681_3524_2012.pdf] Text
B1_1_ELIDA_91681_3524_2012.pdf

Download (418kB)

Abstract

Hasil belajar praktik produktif di SMK kelompok pariwisata saat ini
berdasarkan prapenelitian ternyata belum optimal. Satu hal yang menyebabkan
belum optimalnya hasil belajar siswa disebabkan oleh suasana pembelajaran yang
kurang nyaman, sedangkan pembelajaran praktik produktif membutuhkan waktu
yang cukup lama sehingga berdampak terhadap siswa cepat lelah, lamban bekerja
dan kurang bersemangat. Untuk itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang
menyenangkan yaitu proses pembelajaran praktik produktif yang diiringi musik.
Untuk itu tujuan penelitian adalah untuk
mengungkapkan apakah terdapat
perbedaan hasil belajar praktik produktif antara; (1) strategi pembelajarannya yang
diiringi musik dan tanpa musik, (2) Interaksi antara strategi pembelajaran diiringi
musik dengan motivasi belajar siswa yang memberikan perbedaan pengaruh
terhadap hasil belajar praktik, (3)kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi
dengan proses pembelajaran diringi musik dan tanpa musik, (4) kelompok siswa
yang memiliki motivasi rendah dengan proses pembelajaran diiringi musik dengan
tanpa musik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain factorial 2x2. Populasi adalah siswa kelas X program keahlian Tata Boga
SMK kelompok pariwisata di Sumbar. Sampel diambil secara multi stage random
sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan penilaian
hasil belajar praktik produktif yang telah diuji validitas dan realibilitasnya . Data
dianalisis secara deskriptif dan untuk melihat pengaruh perlakuan digunakan
analisis ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey untuk menganalisis
perbedaan masing-masing perlakuan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar praktik produktif
kelompok siswa dengan pembelajaran diiringi musik lebih tinggi daripada tanpa
musik,(2) terdapat Interaksi antara proses pembelajaran menggunakan musik
dengan motivasi belajar siswa yang memberikan perbedaan pengaruh terhadap
hasil belajar praktik produktif, (3) hasil belajar praktik produktif kelompok siswa
yang memilki motivasi tinggi dengan pembelajaran diiringi musik lebih tinggi
daripada tanpa musik, dan (4) hasil belajar praktik produktif kelompok siswa yang
memilki motivasi rendah dengan pembelajaran diringi musik lebih rendah daripada
tanpa musik. Kesimpulan penelitian bahwa hasil belajar praktik produktif
kelompok siswa dengan proses pembelajaran yang diiringi musik ternyata lebih
tinggi daripada tanpa diiringi musik. Implikasi dari penelitian bahwa musik dapat
menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, untuk itu disarankan untuk
melengkapi workshop praktik produktif dengan peralatan musik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 08 May 2025 09:27
Last Modified: 08 May 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item
View Item