Aswar, Aswar (2012) Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Tunarungu Melalui Media Kartu Kata (flash card) (Single Subject Research di Jurusan PLB FIP UNP Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ASWAR_01134_4333_2012.pdf [thumbnail of B1_2_ASWAR_01134_4333_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ASWAR_01134_4333_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya perbendaharaan kosakata bahasa
inggris yang dimiliki oleh mahasiswa tunarungu di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) Padang. Dari hasil
pengamatan yang dilakukan oleh penulis terlihat bahwa kemampuan dalam
perbendaharaan kosakata bahasa inggris yang dimiliki oleh mahasiswa Tunarungu X
sangat rendah. Maka, penulis membantu untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata
bahasa inggris yang dikhususkan pada kosakata kata benda dengan menggunakan
media kartu kata (flash card).
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR),
dengan desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik.
Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Tunarungu X, yang diberikan intervensi dengan
mengunakan kartu kata (flash card) pada awal pertemuan subjek diberikan kosakata
yang akan dihafalkan sebanyak 20 kosakata bahasa inggris (kata benda), dan pada
pertemuan berikutnya subjek diuji berapa banyak kosakata yang mampu dihafalkan
dalam satu hari tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan perbendaharaan kosakata bahasa inggris (kata
benda) yang dikuasai subjek bertambah. Pada kondisi baseline, jumlah kosakata yang
dikuasai oleh subjek stabil diangka 3 atau 15% dari tes pada hari ketujuh. Pada kondisi
intervensi hari pertama, perbendaharaan kosakata bahasa inggris (kata benda) mampu
dikuasai sebanyak 6 kosakata dari 20 kosakata yang ada sampai pada hari kesepuluh,
kesebelas, dan keduabelas intervensi perbendaharaan kosakata bahasa inggris (kata
benda) menjadi 18 kosakata atau 90%. Dalam analisis antar kondisi menunjukkan
kecendrungan arah positif (+) perubahan kecendrungan stabilitas variable ke variable,
kecendrungan dan level perubahan meningkat dari 15% menjadi 90%, serta Persentase
Overlap data 0% yang berarti hasil penelitian diterima. Berdasarkan hasil analisis data
tersebut disimpulkan bahwa Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris (Kata Benda)
Pada Mahasiswa Tunarungu Dapat Ditingkatkan Melalui Media kartu Kata (Flash Card).
Penulis menyarankan kepada mahasiswa yang perbendaharaan kosakata
bahasa inggris yang kurang, bisa menggunakan media kartu kata dalam meningkatkan
perbendaharaan kata tersebut dan tidak terkecuali kepada guru yang ingin menerapkan
kartu kata kepada anak didik dalam meningkatkan kosakata pada anak didik tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2025 09:08 |
Last Modified: | 08 May 2025 09:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10387 |