Perbedaan Minat Belajar Berdasarkan Jenis Sekolah di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Mardiah, Ainul (2013) Perbedaan Minat Belajar Berdasarkan Jenis Sekolah di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_AINUL_MARDIAH_84792_5616_2013.pdf] Text
B1_4_AINUL_MARDIAH_84792_5616_2013.pdf

Download (537kB)

Abstract

Minat mempunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Minat merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran karena mahasiswa akan belajar dengan sunguh-sungguh apabila memiliki minat yang tinggi. Berdasarkan observasi yang dilakukan terlihat dalam proses pembelajaran di jurusan sosiologi FIS UNP ada sebagian mahasiswa yang menunjukkan ketidak seriusan, serta perhatian yang kurang selama proses perkuliahan berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat belajar mahasiswa yang berasal dari SMA dan mahasiswa yang berasal dari SMK. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi mahasiswa khususnya program studi sosiologi sehingga menjadi tolak ukur bagi dirinya untuk dapat meningkatkan minat belajar dan minat positif terhadap materi perkuliahan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2010, 2011, dan 2012 yang terdaftar pada semester Januari-Juni 2013 yang berjumlah 278 orang. Sampel diambil dengan cara proporsional sampling didapat sampel sebanyak 74 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan kuesioner atau angket. Teknik analisa data yang digunakan rumus persentase dan uji t. Berdasarkan deskripsi data, diketahui secara umum nilai rata-rata minat belajar mahasiswa yang berasal dari SMA lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang berasal dari SMK. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji t. setelah dianalisis diperoleh t 3.40 t 1.980 dengan taraf nyata 0,05 karena t > t maka hipotesis diterima. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar mahasiswa yang berasal dari SMA bila dibandingkan dengan mahasiswa yang berasal dari SMK.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 08 May 2025 07:10
Last Modified: 08 May 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item
View Item