Yonavia, Aina (2012) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_AINA_YONAVIA_89310_657_2013.pdf [thumbnail of B1_4_AINA_YONAVIA_89310_657_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_AINA_YONAVIA_89310_657_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar sosiologi kelas XI IPS di SMA N 5 Bukittinggi, masih berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 75. Berdasarkan observasi awal, terlihat banyak siswa cenderung menerima saja materi yang diberikan oleh guru tanpa ada respon sehingga interaksi antar siswa dengan siswa atau siswa dengan guru menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa terutama pada pemahaman konsep. Untuk mengatasi permasalahan diatas, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA N 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitan kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen yang menggunkan desain penelitian Pretes-Posttes Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 5 Bukittinggi. Pengambilan sampel dengan teknik random kelompok dimana sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IPS 3 dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah kuantitatif dengan memberikan pretest dan posttest pada sampel penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji x 2 . Berdasarkn analisis data yang telah peneliti lakukan disimpulkan rata-rata hasil belajar pemahaman konsep sosiologi kelas eksperimen adal 12,8 sedangkan rata-rata hasil belajar terhadap pemahaman konsep sosiologi kelas kontrol adalah 4,2 Pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji x 2 sehingga pembelajaran talking stick mempengaruhi hasil belajar siswa. Setelah dianalisis diperoleh x 2= 13,72 dengan taraf nyata 0,05 dan df 68 diperoleh t tabel sebesar 3,84 karena x 2 >x tabel maka hipotesis penelitian diterima. Uji x 2 juga dilakukan pada setiap konsep-konsep dasar cirri-ciri konflik sosial diperoleh x 2 = 8,22 tujuan konflik sosial diperoleh x 2 = 9,12 bentuk-bentuk konflik sosial diperoleh x 2 =8,56 cara pengendalian konflik sosial diperoleh x 2 = 8,28, cirri-ciri integrasi sosial diperoleh x 2 = 9,12 fungsi integrasi sosial diperoleh x 2= 5,84, bentuk-bentuk integrasi sosial diperoleh x 2 =8,7, proses integrasi sosial diperoleh x 2 =14,66, dengan x tabel = 3,84 dan df 68 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar sosiolologi katagori memberikan contoh pada materi konflik sosial dan integrasi sosial dan dapat digunakan dalam proses pembelajran sosiologi di sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:09 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10358 |