Yasni, Ahadi Sarli (2014) Peningkatan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Menggambar Bangun Ruang di PAUD Harapan Bunda Baru Kecamatan Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_AHADI_SARLI_YASNI_58973_2455_2014.pdf [thumbnail of B1_4_AHADI_SARLI_YASNI_58973_2455_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_AHADI_SARLI_YASNI_58973_2455_2014.pdf
Download (479kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan mengenal geometri anak usia dini usia 5-6 tahun di PAUD Harapan Bunda Baru. Hal ini disebabkan salah satunya unsure kurang bervariasinya metode pembelajaran geometri. Pelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan mengenal geometri anak dalam menyebutkan jenis-jenis geometri, mengelompokkan geometri, dan membuat bentuk-bentuk geometri melalui menggambar bangun ruang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid yang ada di PAUD Harapan Bunda Baru dengan 12 orang anak pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian peningkatan kemampuan mengenal geometri anak dalam menyebutkan jenis-jenis geometri, mengelompokan geometri, dan membuat bentuk-bentuk geometri melalui menggambar bangun ruang. Diharapkan kepada guru agar menerapkan metode menggambar bangun ruang sebagai salah satu alternative dalam peningkatan kemampuan mengenal geometri dan orang tua agar memberikan bangun ruang. Kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kemampuan mengenal geometri melalui menggambar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometri, Bangun Ruang, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:04 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10334 |