Aspuriyah, Aspuriyah (2013) Meningkatkan Keterampilan Membuat Keripik Kentang Melalui Metode Latihan Bagi Anak Tunarungu Kelas D.V: Penelitian Tindakan Kelas di SDLB No 20 Nanbalimo Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ASPURIYAH_56623_1077_2013.pdf [thumbnail of B1_2_ASPURIYAH_56623_1077_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ASPURIYAH_56623_1077_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari temuan di sekolah terhadap dua orang
tunarungu kelas V SDLB No.20 Nanbalimo Kota Solok masih belum bisa
membuat keripik kentang dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, untuk
memudahkan pembelajaran bagi anak dalam penelitian ini akan digunakan metode
latihan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pelaksanaan dalam
meningkatkan keterampilan membuat keripik kentang melalui metode latihan dan
2) membuktikan bahwa metode latihan dapat meningkatkan keterampilan
membuat keripik kentang pada anak tunarungu kelas V SDLB No.20 Nanbalimo
Kota Solok.
Penelitian ini diangkat dengan menggunakan metode penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan berkolaborasi dengan
teman sejawat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes, kemudian
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pelaksanaan dalam
meningkatkan keterampilan membuat keripik kentang melalui metode latihan
dilakukan dengan dua siklus. Siklus I dilakukan lima kali dan siklus II empat
kali pertemuan. Kegiatan dilakukan dengan mengikuti alur siklus yakni:
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. 2) Hasil pembelajaran:
kemampuan anak dalam membuat keripik kentang dengan metode latihan
meningkat hal ini terbukti: saat asessmen kemampuan anak dalam membuat
keripik kentang adalah: IN (43,3%) dan SC (36,7%). Siklus I kemampuan IN
meningkat menjadi (86.7%) dan SC telah meningkat juga menjadi (80%). Siklus
II kemampuan IN meningkat menjadi (100%) dan SC telah meningkat juga
menjadi (93.3%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode latihan
dapat meningkatkan keterampilan membuat keripik kentang pada anak tunarungu
kelas V SDLB No.20 Nanbalimo Kota Solok. Disarankan kepada guru
keterampilaan agar dapat menggunakan metode latihan dalam mengajarkan
keterampilan lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latihan Anak Bagi Tunarungu |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:01 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10320 |