Afriani, Afriani (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk SMA Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_AFRIANI_84004_754_2012.pdf [thumbnail of B1_4_AFRIANI_84004_754_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_AFRIANI_84004_754_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Materi pokok sistem peredaran darah pada mata pelajaran biologi kelas XI merupakan materi yang menarik untuk dipelajari karena terkait dengan fisiologis tubuh siswa sendiri, sehingga dibutuhkan suatu media yang tepat. Salah satu media yang dapat digunakan siswa untuk mempelajari materi sistem peredaran darah adalah Lembar Kerja Siswa (LKS), namun LKS yang ada umumnya hanya berisi pertanyaan berkaitan dengan materi yang diajarkan sehingga siswa tidak termotivasi untuk berfikir kritis dan tidak dapat mengembangkan minat dan kreatifitasnya dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan LKS dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada materi sistem peredaran darah. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan LKS dengan pendekatan JAS pada materi sistem peredaran darah yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada four D models yang telah dimodifikasi, yaitu define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis siswa, dan analisis tugas. Tahap design yaitu perancangan LKS dengan pendekatan JAS. Tahap develop adalah uji validitas oleh validator (3 orang dosen biologi dan 3 orang guru biologi SMA) dan uji praktikalitas serta respons terhadap LKS dengan pendekatan JAS oleh guru biologi dan 31 orang siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Data penelitian berupa data primer yang dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Dari penelitian dihasilkan produk berupa LKS dengan pendekatan JAS pada materi sistem peredaran darah untuk SMA kelas XI. LKS yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai 89,02%. LKS yang dihasilkan juga dikategorikan praktis dengan nilai 87,95% dari guru dan 82,29% dari siswa. Respons guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan temasuk kedalam kategori baik dengan nilai 92,86% dari guru dan 85% dari siswa. Hal ini menunjukkan bahwa LKS dengan pendekatan JAS pada materi sistem peredaran darah yang dikembangkan sudah valid dan praktis serta mendapat respons yang baik dari guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jelajah Alam Sekitar, Sistem Peredaran Darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 08 May 2025 05:46 |
Last Modified: | 08 May 2025 05:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10275 |