Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

Hayati, Rifda (2021) Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIFDA_HAYATI_17151042_2880_2022.pdf] Text
B1_01_RIFDA_HAYATI_17151042_2880_2022.pdf

Download (754kB)

Abstract

Penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan semakin meningkat. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah belum maksimal. Layanan bimbingan kelompok jarang dimanfaatkan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba. Sebagian besar kegiatan bimbingan kelompok digunakan untuk menyelesaikan permasalahan belajar, pribadi, sosial dan karir. Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan kebermaknaan hidup siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kebermaknaan hidup siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, (3) mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektivitas panduan layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan kebermaknaan hidup siswa dalam pencegahan penyalahgunaan
narkoba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas panduan dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan panduan layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis nonparametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall’s (W) dan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kebermaknaan hidup
siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba cenderung rendah, (2) pelaksanaan bimbingan kelompok masih mengalami keterbatasan untuk mengatasi permasalahan penyalahgunaan narkoba, Guru BK belum terampil menyusun panduan sebagai media layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kebermaknaan siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba,
(3) tingkat kelayakan materi berada pada kategori sangat layak dengan persentase 92% dan tampilan panduan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 92%, tingkat penggunaan panduan oleh Guru BK berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87%. Adanya peningkatan yang signifikan terhadap kebermaknaan hidup siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba setelah implementasi panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh Guru BK sebagai bahan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk upaya meningkatkan kebermaknaan hidup siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 May 2025 02:55
Last Modified: 08 May 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item
View Item