Putri, Vina Novia (2018) Upaya Meningkatan Minat Belajar Sosiologi Siswa melalui Model Discovery Learning dan Media Puzzle di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_VINA_NOVIA_PUTRI_14058015_5320_2018.pdf [thumbnail of B1_04_VINA_NOVIA_PUTRI_14058015_5320_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_VINA_NOVIA_PUTRI_14058015_5320_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Padang Panjang. Pada saat proses pembelajaran Sosiologi berlangsung guru biasanya hanya menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media apapun sehingga menyebabkan siswa kurang memiliki minat dalam mempelajari Sosiologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model Discovery Learning dan media Puzzle untuk meningkatkan minat belajar Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Padang Panjang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi sekaligus menjelaskan bahwa model Discovery Learning dan media Puzzle dapat meningkat minat siswa dalam mempelajari Sosiologi. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan untuk guru Sosiologi terutama di SMA Negeri 3 Padang Panjang dalam meningkatkan minat belajar Sosiologi bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dan di harapkan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan selama dua kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Padang Panjang semester Januari-Juni yang berjumlah 27 orang. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi yang berisi indikator minat. Hasil penelitian terhadap minat siswa dalam proses pembelajaran sosiologi di hitung dan diolah dengan menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100% Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa dalam mempelajari Sosiolgi. Hal ini ditunjukan oleh rata-rata persentase minat pada siklus satu sebesar 55.39% dan meningkat pada siklus kedua sebesar 74,95%. Semua indikator minat pada penelitian sudah termasuk pada indikator baik dan sangat baik maka disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dan media Puzzle dapat meningkatkan minat belajar Sosiologi siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Padang Panjang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL DISCOVERY LEARNING,MEDIA PUZZLE |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:54 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10261 |