Mulawati, Mega (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Langsung Meningkatkan Keterampilan Membuat Bunga Hias Cangkang Kerang bagi Anak Tunagrahita Sedang: Single Subject Research di SLB Sabiluna Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MEGA_MULAWATI_1100272_2987_2016.pdf [thumbnail of B1_2_MEGA_MULAWATI_1100272_2987_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MEGA_MULAWATI_1100272_2987_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak tunagrahita sedang
X kelas V/C.1 di Sabiluna Pariaman mengalami permasalahan dalam mengikuti
pembelajaran keterampilan, khususnya pada kegiatan membuat bunga hias. oleh
karena itu peneliti ingin meningkatkan keterampilan bunga hias cangkang kerang
menggunakan model pembelajaran langsung.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah eksperimen dalam bentuk
Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dalam penilaian penelitian
yang dilakukan menggunakan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan anak tunagrahita sedang
dalam membuat bunga hias cangkang kerang meningkat setelah diberikan model
pembelajaran langsung. Hal ini terbukti ketika pengamatan sebanyak tujuh kali
dengan data 50% pada kondisi baseline (A1), kondisi intervensi (B) dilakukan
sebanyak sepuluh kali dengan data 77,5%, dan kondisi baseline (A2) dilakukan
sebanyak lima kali dengan data 85%, dalam kemampuan anak membuat
keterampilan bunga hias cangkang kerang. Hasil analisis dalam kondisi dan antar
kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan,
jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat positif. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, dapat disimpulkan model pembelajaran langsung efektif untuk
meningkatkan keterampilan membuat bunga hias cangkang kerang bagi anak
tunagrahita sedang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:42 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10250 |